Bagaimana cara mengatasi cairan di paru karena infeksi tuberkulosis?

JP Info Penanya: JP, Pria, 18 Tahun
Dok, saya mau bertanyaSaya sekarang sedang menderita penyakit tb paru. Saya sudah minum obat selama 9 bulan secara teratur tapi sekarang obat saya sudah diputus dan saya sekarang dianjurkan untuk melakukan operasi karena ada sisa cairan didalam paru" saya yg gk bisa diobati dengan obat tb paru lagi. Saya mau nayak emang gk ada cara lain selain operasi dok.?soalnya saya tidak pernah mendengar penderita penyakit tb paru ada yg operasi dok..?Makan atau obat herbal yg mengobati tanpa operasi.?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang JP,

Adanya cairan di paru adalah salah satu kondisi yang bisa timbul akibat dari komplikasi infeksi pada paru salah satunya infeksi tuberkulosis paru. Adanya cairan sendiri pada paru sering kali timbul di bagian rongga pleura atau disebut dengan efusi pleura.

Kondisi ini bisa juga timbul karena gangguan jantung, gangguan hati, adanya gangguan ginjal, penyakit autoimun dan lainnya. Berat ringannya cairan menentukan tindakan yang perlu dilakukan. Apabila cukup banyak dan memicu gejala seperti batuk, sesak, demam, napas cepat dan nyeri dada yang hebat maka perlu penanganan lebih lanjut seperti operasi. 

Jika tidak terlalu banyak dan gejala minimal bisa diberikan pengobatan utnuk membantu menarik cairan dari rongga pleura tersebut. Jika kondisi akut terjadi gangguan napas tiba-tiba maka perlu dipasang selang utnuk mengeluarkan cairan dan mengatasi penyebabnya.

Untuk itu perlu konsultasikan pada dokter paru yang menangani Anda mengenai kondisinya dan terapi yang perlu dilakukan. Pada tuberkulosis cukup banyak yang dilakukan operasi disebabkan oleh efusi pleura ataupun jika mengalami tuberkulosis di luar paru seperti tbc tulang belakang dan tbc kelenjar. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ikut cara minum obat TBC yang benar sesuai anjuran dokter

Bagaimana Cara Minum Obat TBC yang Benar?

Mengonsumsi obat TBC tidaklah mudah. Faktanya, penderitanya perlu menjalani pengobatan TBC dalam jangka waktu yang panjang. Cara minum obat TBC yang benar perlu diterapkan untuk menghindari kambuhnya TBC dan munculnya resistensi antibiotik.