TB paru dan TB kelenjar apa bedanya?

C Info Penanya: C
Halo dok, saya sudah dalm pengobatan tbc paru selama 9 bulan. Pada bulan ke 3 saya menyadari ada benjolan di leher. Kata dokter pertama adalah radang biasa, kemudian setelah di cek pada bulan ke 8 ternyata adalah TB kelenjar. Dokter bilang kuman yang di paru berpindah ke leher sehingga saya harus mengganti obat yang pertama rifampicin dan pehadoxyn forte menjadi rifastar, dan menjalani pengobatan selama 12 bulan. Pertanyaan saya, apakah betul kuman yang di paru sudah benar hilang dan berpindah?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang C,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

TBC atau Tubercolusis merupakan penyakit yang di sebabkan oleh bankteri mycobacterium tuberculosis. Gejala dari penyakit ini adalah batuk yang lama selama 3 bulan, disertai dahak, disertai penurunan berat badan, demam, dll. Penyakit TBC ini di bagi menjadi TBC paru dan TBC ekstraparu.

Pada umunya TBC extraparu menyerang kelenjar getah bening di leher. Sedangkan TBC paru infeksi bakterinya menyerang di paru. Namun dalam beberapa kasus dalam Penyakit TBC ekstraparu penderitanya juga mengalami TBC paru.

Pada TBC extraparu maupun TBC paru jika keduanya tidak di obati dengan segera tuntas, kumannya akan berkembang dan akan menjadi resisten (susah di obati). Sehingga jika Anda memiliki riwayat batuk lama dan dinyatakan mengalami penyakit TBC sebaiknya :

  • Konsumsi obat TBC secara teratur dan tepat waktu
  • Konsumsi makanan bergizi perbanyak sayur dan buah
  • Banyak minum air putih minimal 2-3 liter / hari
  • Selalu jaga kebersihan dan ventilasi rumah Anda
  • Istirahat cukup minimal 6-8 jam / hari
  • Kontrol rutin ke dokter paru
  • Jangan batuk atau membuang dahak sembarangan

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ciri-ciri TBC bisa muncul setelah 1-12 minggu Anda terpapar bakteri Mycobacterium tuberculosis

Ciri-Ciri TBC Tak Hanya Batuk Berdahak

Tuberkulosis, atau kerap disingkat TBC termasuk penyakit menular yang paling sering menyerang paru-paru. Menurut WHO, penyakit ini adalah salah satu dari 10 penyebab utama kematian di seluruh dunia. Karena itu, ciri-ciri TBC penting untuk diketahui agar tidak terlambat ditangani dan berujung fatal.