Kapan benjolan pada TB Kelenjar akan menghilang?

KP Info Penanya: KP, Wanita, 26 Tahun
assalamu'alaikum,saya menjalani pengobatan sudah 3 bulan,tp trdapat benjolan (bertambah) di leher..apakah benjolan ini bisa kempes/harus operasi setelah pengobatan selesai?jika tidak menggangu estetika, apakah bisa tidak di operasi setelah selesai pengobatan?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi KP,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Tuberkulosis atau TBC ternyata tidak hanya dapat terjadi pada paru-paru. Tetapi juga bisa di TB extrapulmonary atau TB di luar paru, dimana infeksi ini dapat mengenai selaput otak, tulang, ginjal, kelenjar getah bening, saluran kencing, atau bagian tubuh lainnya.

Infeksi ini dapat mengenai kelenjar getah bening atau disebut juga dengan TB kelenjar. Kelenjar yang paling sering terkena infeksi TB ini adalah kelenjar getah bening pada daerah leher dan ketiak. Hal ini yang dapat menyebabkan pembengkakan pada leher. Diagnosis penyakit ini umumnya dilakukan melalui biopsi terhadap benjolan. Salah satu prosedurnya adalah melalui biopsi aspirasi dengan menggunakan jarum halus.

Untuk ukuran benjolan ini secara pastinya tidak dapat diperkirakan berapa lama akan terjadi pengempisan secara penuh. Tergantung pada kondisi masing-masing individu dan tingkat keparahan penyakit.

Jika Anda mengalami TB Kelenjar Anda akan mendapatkan pengobatan dengan antituberkulosis yang diberikan selama 6 bulan atau bahkan lebih. Jangan berhenti mengonsumsi obat ini tanpa berkonsultasi dengan dokter. Beberapa kondisi akan bertambah parah jika pengobatan dihentikan. Penghentian obat ini perlu dilakukan secara bertahap untuk mencegah terjadinya gejala putus obat dan efek samping. Jika Anda membutuhkan informasi lebih lanjut Anda dapat berkonsultasi ke dokter spesialis paru.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Atasi sakit leher dengan tepat dengan kenali penyebabnya

Fakta Seputar Cedera Leher yang Perlu Anda Ketahui

Cedera leher dapat disebabkan oleh berbagai hal mulai dari kesalahan saat olahraga hingga menggunakan gadget secara berlebihan. Salah satu cara mengatasi sakit leher akibat cedera adalah mengompres leher dengan es.