05 Apr 2021, 16:34Pernapasan

Dahak yang banyak karena trakeostomi dan TB MDR?

DR
Info Penanya: DR0
mau tanya dokter...ayah saya sakit stroke SH & Bronkopneumoni...terpasang trakeostomi dahaknya sudah 5 bulan keluar banyak terus....1 tahun yg lalu berobat TB MDR cuma berjalan 3 bulan.... dahak yg tidah berhenti apa dari kuman TB dokter??
121 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Aisyah Nur Ramadhani
(0)
Selamat Malam DR,Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.TB MDR merupakan kepanjangan dari multidrug-resistant tuberculosis merupakan suatu kondisi dimana tubuh kebal dengan pengobatan anti tuberkulosis yaitu isoniazid dan rimfampisin. TB MDR secara umum bisa terjadi karena pasien TB tidak melakukan pengobatan secara tuntas. Sehingga kuman tuberkolusis menjadi resisten.Sedangkan tracheostomy merupakan prosedur pembuatan lubang di leher yang bertujuan untuk membantu proses bernafas. Tracheostomy bisa dipasang secara sementara atatu darurat.

Pemasangan tracheostomy memiliki risko dalam jangka panjang :

  • Sumbatan pada selang tracheostomy
  • Terbentuknya bekas luka
  • Penyempitan pada trakea
Berdasarkan keterangan yang Anda berikan, dahak yang terjadi bisa terjadi karena sakit bronkopneumonia dan TB MDR yang di alami, sehingga sebaiknya konsultasikan lebih lanjut dan kontrol teratur ke dokter paru untuk dilakukan pemeriksaan dan pengobatan lebih lanjut. Selalu jaga kesehatan dengan menerapkan pola hidup sehat, makan makanan bergizi, perbanyak minum air putih 2-3 liter/hari dan istirahat cukup minimal 6-8 jam/hari.Semoga bermanfaat,Salam sehat,dr. Aisyah
tbcpenyakit pernapasantuberkulosis
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil