06 Dec 2020, 20:33Penyakit Lainnya

Penyebab TBC kelenjar tidak hilang setelah selesai pengobatan TB

YL
Info Penanya: YL, Wanita0
Selamat malam dok, sy pasien TB kelenjar sudah melakukan pengobatan selama 12bln dan sudah dinyatakan tuntas, tp benjolan masih sy rasakan di area leher. dan benjolannya terkadang terasa nyeri. saya minum obat rutin dan teratur, tp terkadang lewat beberapa 1jam/ beberapa menit dr jam biasa minum. apakah itu mempengaruhi pengobatan tb sy?
2128 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya
(0)
Selamat malam, Y.Saya akan mencoba menjawab pertanyaan Anda.TBC dapat menyerang seluruh organ termasuk ke kelenjar. Kelenjar leher merupakan kelenjar yang sering terinfeksi bakteri M. tuberculosis, akibat transmisi TBC kelenjar paru ke daerah sekitarnya. Keluhan ini dapat berupa benjolan 1 atau pun banyak, yang dapat menjadi besar serta pecah mengeluarkan nanah. Benjolan ini disebut sklofuroderma.

Penyebab TBC kelenjar tidak hilang setelah selesai pengobatan TB

Penyebab TBC kelenjar tidak hilang setelah selesai pengobatan TB antar lain :
Namun jika benjolan ini tidak bertambah besar, bertambah banyak, dan bertambah neyri maka pasien dapat dinyatakan sembuh setelah pengobatan selesai karena benjolan bekas TBC kelenjar juga dapat menetap walau bakteri sudah tidak ada. Selain itu dapat dilakukan operasi untuk menghilangkan benjolan jika benjolan akibat TBC kelenjar dirasakan menganggu.Anda dapat berkonsultasi secara langsung ke dokter jika keluhan benjolan dirasakan nyeri dan mengeluarkan nanah, bertambah banyak, bertambah besar, diikuti dengan penurunan BB.Semoga bermanfaat dan semoga lekas sembuh."Salam sehat,dr. Lidya Hapsari."
kelenjar getah beningtbcantibiotik
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil