22 Jul 2021, 06:48Infeksi

Pasien TBC kelenjar vaksin covid, apakah aman ?

YL
Info Penanya: YL, Wanita, 29 Tahun
Assalamualaikum, selamat pagi. Saya pasien penderita TB kelenjar yg sudah melakukan pengobatan selama 18 bulan (1th 6 bulan) dan saya baru selesai pengobatan itu bulan Juni 2021. Yg ingin saya tanyakan, menginggat di wajibkannya vaksinasi Covid19 apakah saya penderita TB kelenjar Boleh melakukan vaksinasi? Menginggat : 1. Terapi obat yg lama 2. Tubuh yg cepat lelah mudah terserang penyakit
3898 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Waalaikumussallam, Y.TBC tidak hanya menyerang saluran nafas berupa paru-paru saja, tetapi juga dapat menginfeksi organ lain (TBC extrapulmonary) seperti kelenjar getah bening, usus, tulang, ginjal, selaput otak dan kulit. TBC disebabkan oleh Mycobacterium tuberculosis.

Apa penyebab TBC kelenjar, bagaimana gejalanya ?

TBC dapat menginfeksi siapa saja baik anak, remaja maupun orangtua. Tetapi ada beberapa orang yang lebih berisiko terinfeksi TBC antara lain :
  • Orang dengan imunitas yang rendah seperti HIV dan AIDS.
  • Pasien diabetes militus.
  • Orang tua, anak, ibu hamil yang kontak erat dengan pasien TBC.
Penyebab TBC kelenjar karena penjalaran infeksi dari TBC paru dengan gejala timbul benjolan sekitar leher, ketiak dan paha, disertai batuk lama bercampur darah, demam, badan terasa lelah, keringat malam, dan penurunan BB.

Apakah pasien TBC kelenjar boleh vaksin covid ?

Anda yang sudah melakukan pengobatan TBC kelenjar selama 18 bulan, jika saat vaksin dalam keadaan sehat dan lolos skrining, maka boleh melakukan vaksinasi walau sudah konsumsi obat dalam waktu lama dan tubuh masih cepat lelah. Karena saat Anda tidak vaksinasi, tubuh Anda rentan terinfeksi covid. Selain vaksinasi covid, Anda juga harus menjaga kesehatan, makan yang bergizi, istirahat, melakukan olahraga, konsumsi vitamin, istirahat cukup dan rutin kontrol ke dokter spesialis paru terutama jika ada gejala seputar pernafasan atau timbul benjolan kembali di sekitar leher.Semoga bermanfaat. Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
penyakit paru-parutbcvaksin corona
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil