19 Jan 2021, 17:12Penyakit Lainnya

Apa yang menyebabkan tulang terasa sakit dan terasa remuk ?

YL
Info Penanya: YL, Wanita, 28 Tahun
Malam dokter. Sy pasien tb kelenjar sudah menjalani pengobatan selama 1th, namun benjolan kembali radang. Sy diresepkan kembali oleh dokter saya obat isoniazid 300mg dan levofloxacin 500mg selama 1 bln. Pada minggu ke dua sy meminum obat ini badan sy terasa remuk tulang2 sy sakit. Dan minggu ke 3 terasa lebih sakit saat bangun tidur atau saat tidak berkegiatan. apakah itu efek samping nya dokter? Mohon dijawab. Terimakasih
231 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat malam, Y.TBC kelenjar merupakan benjolan yang ada di tubuh, biasanya benjolan ini muncul di sekitar leher dimana akibat penjalaran kuman TBC dari paru-paru ke organ sekitarnnya. Gejala yang muncul selain adanya benjolan, dapat pula disertai dnegan gejala khas TBC lainnya, seperti batuk sejak lama diikuti dengan darah, penurunan berat badan, keringat malam walau tidak beraktifitas, rasa lelah di tubuh, dan demam ringan. 

Apa yang menyebabkan benjolan akibat TBC kelenjar tidak hilang ?

Benjolan akibat TBC kelenjar tidak hilang dan bisa kembali meradang walau sudah meminum obat TBC selama 1 tahun lamanya karena banyak faktor, antara lain :
  • Minum obat tidak teratur.
  • Kuman TBC yang resitensi terhadap antibiotik.
  • Imun tubuh yang menurun.
Namun beberapa dokter akan mengehntikan obat TBC walau benjolan masih ada jika benjolan tidak bertambah membesar, tidak nyeri, tidak meradang, dan kultur dari bakteri TBC sudah hilang.Benjolan dapat hilang selain dengan pengobatan, bisa menggunakan teknik pengangkatan benjolan oleh dokter spesialis paru, untuk mengatasi benjolan yang terus menerus ada walau terapi dilakukan secara maksimal.

Apa yang menyebabkan tulang terasa sakit dan terasa remuk ?

Efek dari penggunakaan obat baik obat antibiotik, obat anti TBC, obat nyeri dapat menimbulkan rasa mual, muntah, ruam kemerahan, sakit perut, pusing, lemas, diare dan gejala alergi pada tubuh. Efek samping yang ditimbulkan oleh isoniazid dan levofloxaxin sama seperti efek samping obat lainnya.Keluhan yang Anda rasakan bisa disebabkan oleh lemas karena efek samping obat atau karena bakteri yang ada di tubuh Anda, bisa juga faktor kelelahan fisik, kurang tidur, stress ataupun jarang berolahraga. Untuk itu, terapkan hidup sehat, dengan olahraga secara rutin baik di rumah atau di luar ruangan, konsumsi makanan yang bergizi seimbang, minum air putih yang cukup, konsumsi vitamin yang meningktakan imun tubuh, dan kontrol segera ke dokter jika keluhan tidak membaik.Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Lidya Hapsari.
tbcantibiotikalergi obat
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil