29 Dec 2020, 16:30Penyakit Lainnya

Bagaimana mencegah benjolan membesar pada TB kelenjar?

AP
Info Penanya: AP0
Bagai mana supaya benjolan tb kelenjar tidak tambah besar
1221 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat siang, APTerima kasih atas pertanyaannya.TB atau tuberkulosis adalah infeksi bakteri yang menyerang paru-paru.  Selain itu, ternyata bakteri ini dapat menyerang bagian tubuh lain seperti otak, kulit, tulang, serta kelenjar.  Kelenjar yang dimaksud adalah kelenjar getah bening terutama yang terletak di leher.  TB kelenjar merupakan jenis TB diluar paru yang paling sering terjadi. 

Gejala TB kelenjar :

  • Pembengkakan pada kelenjar getah bening leher. Awal gejala benjolan tidak terasa sakit semakin lama akan semakin membesar dan menjadi nyeri.
  • Demam,
  • Keringat pada malam hari.
  • Berat badan turun drastis tanpa sebab.
Pengobatan TB kelenjar hampir sama dengan pengobatan TB paru yaitu bertujuan untuk mencegah penularan, mengatasi keluhan, serta mencegah kambuh dan resisten obat.   Pengobatan TB kelenjar memerlukan waktu yang cukup lama sekitar 6-12 bulan tergantung tingkat keparahan.  Selain itu dokter akan meresepkan obat tambahan jika diperlukan dan operasi jika penggunaan OAT tidak bekerja dengan baik. Hal ini berkaitan pada apa yang anda tanyakan.  Selama anda konsumsi obat rutin sesuai anjuran dokter sampai habis maka benjolan dapat dikontrol dan sembuh dari TB kelenjar.  Perbanyak konsumsi makanan bergizi dan nutrisi tinggi sebagai upaya meningkatkan kekebalan tubuh dalam membantu melawan infeksi.Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
tbcinfeksi bakteripembesaran kelenjar getah bening
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil