Tatalaksana dari gusi bengkak?

EP Info Penanya: EP, Pria
Apa obat gusi bengkak
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, EPB

Radang gusi atau gingivitis ada penyakit pada gusi yang sedang iritasi dan bengkak. Bila tidak ditangani dapat menjadi periodontitis dan mengakibatkan tanggalnya gigi. Penyebabnya karena kebersihan rongga mulut yang kurang baik, sehingga plak dapat menumpuk pada perbatasan gusi dan gigi. Plak adalah suatu lapisan yang terdiri dari bakteri dan sisa makanan yang menempel pada gigi. Bisa juga pembengkakan gusi akibat kehamilan, infeksi jamur/virus dan kekurangan gizi.

Penanganannya dengan konsultasi langsung ke dokter gigi. Setelah diketahui penyebab dari gusi yang bengkak dapat diberikan obat kumur untuk mencegah radang gusi dan mengurangi plak, serta pemberian pasta gigi khusus dan antibiotik bila diperlukan. Pada kasus berat bisa memerlukan tindakan operasi.

Tips yang bisa anda lakukan di rumah, dengan menyikat gusi dengan lembut. Menggunakan larutan air garam untuk berkumur. Banyak minum air putih. Hindari zat iritasi seperti alkohol dan tembakau. Jika pipi mulai bengkak dapat dikompres dengan kain basah yang hangat selang seling dengan kompres es. Bila keluhan tidak berkurang, segera konsultasi dengan dokter gigi.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gigi berlubang disebabkan karena sisa makanan dan minuman yang menumpuk dan menempel pada gigi

Ini Penyebab Gigi Berlubang yang Perlu Anda Hindari

Gigi berlubang adalah rusaknya lapisan gigi yang disebabkan oleh plak yang merupakan gabungan dari bakteri, air liur, asam, dan sisa makanan. Gigi berlubang umumnya disebabkan oleh sisa makanan dan minuman yang menumpuk dan menempel di permukaan gigi. Faktor lain yang dapat menyebabkan hal ini adalah susunan gigi, cara menyikat gigi yang salah, dan mulut kering.