09 Dec 2020, 06:51Kandungan

Terlambat suntik KB, melakukan hubungan seksual, bisa hamil?

T8
Info Penanya: T80
Pagi dok, saya mau tanya. Saya kb suntik 3 bulan sudah 1 th lebih, pada jadwal suntik tgl 29-11-20 saya lupa tidak suntik..pd tanggal 6-12-20 rencana saya mau suntik karna seingat saya tgl 6. tp dr bidan belum boleh suntik karena pada tgl 4-12-20 dan tgl 5 saya berhubungan badan dan harus. Menunggu 1 ataw 2 minggu untuk tespek hamil atw tidaknya...jadi saya telat suntik 5 hari sudah berhungan..apakah saya bisa hamil dok padahal belum ada dimasa subur?
776 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat siang, TTerima kasih atas pertanyaan AndaSuntik KB merupakan salah satu metode kontrasepsi yang sering digunakan karena efektivitasnya yang mencapai 99% dalam mencegah kehamilan bila dilakukan secara rutin dan terjadwal. Artinya, semakin tidak rutin dan tidak sesuai jadwal, maka efektivitas dari suntik KB semakin turun dan semakin besar adanya peluang terjadi kehamilan.

Beberapa kelebihan dari suntik KB jika dilakukan secara rutin adalah:

  • Tidak perlu menghitung masa subur
  • Tidak perlu menggunakan alat kontrasepsi jenis lain ketika akan melakukan hubungan seksual
  • Mengurangi nyeri haid
  • Tidak bereaksi dengan obat lain
  • Tidak perlu mengonsumsi pil setiap hari
  • Bisa beratahan lama yaitu 8-13 minggu tergantung jenisnya
Terkait dengan apa yang Anda tanyakan, jika Anda melakuan suntik KB tidak sesuai jadwal maka efektivitas dari suntik KB yang Anda gunakan menurun. Terkait bisa atau tidaknya terjadi kehamilan, maka tetap ada risiko kemungkinan terjadi kehamilan. Oleh sebab itu, disarankan untuk tes kehamilan terlebih dahulu sebelum melakukan suntik KB kembali. Jika hasilnya negatif, maka Anda bisa melakukan suntik KB. Pastikan utuk jadwal suntik KB berikutnya Anda sesuai dengan jadwal dan tidak terlewat. Lakukanlah pemeriksaan ke dokter spesialis kandungan terdekat jika ada keluhan terkait dengan penggunaan KB atau kesehatan organ reproduksi Anda.Semoga bermanfaat. Salam sehat, dr. Dwiana A
hubungan seksualhamilpenggunaan kbkontrasepsi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil