Jika dicabut, apakah gigi anak usia 12 tahun bisa tumbuh lagi?

AN* Info Penanya: AN*, Pria, 12 Tahun
Dok saya mau bertanya,umur saya baru 12 tahun tapi gigi geraham ke 1 saya sudah goyang karna berlubang,jika gigi saya di cabut apa bisa tumbuh lagi?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, HN.

Jika dicabut, gigi anak usia 12 tahun bisa tumbuh kembali atau tidak, tergantung apakah gigi tersebut adalah gigi susu atau gigi permanen. Untuk mengetahui gigi tersebut permanen atau tidak, coba diingat-ingat, apakah gigi di tempat yang sama sudah pernah tanggal dan digantikan oleh gigi yang baru? Jika pernah, maka gigi tersebut adalah gigi permanen.

Tetapi, jika belum pernah ada gigi tanggal di tempat yang sama sebelumnya, maka itu adalah gigi susu. Normalnya, gigi geraham susu akan tanggal pada saat anak berusia 9-12 tahun, berbeda-beda pada setiap individu.

Sebagai saran, ada baiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter gigi, agar dapat dilakukan pemeriksaan terkait gigi berlubang yang goyang tersebut. Mintalah pendampingan kepada orangtua, karena usia 12 tahun tergolong di bawah umur dan sebaiknya ditemani oleh orang yang lebih dewasa. Nantinya, dokter akan memastikan dulu kondisi gigi, baru menentukan apakah memang harus dicabut atau masih bisa dipertahankan dengan melakukan penambalan.

Nah, apapun penanganannya nanti, ke depannya, pastikan menyikat gigi secara teratur untuk mencegah masalah gigi yang lain. Lalu, gunakan dental floss untuk membersihkan sela-sela gigi yang tidak terjangkau dengan sikat. Hindari juga makanan yang terlalu panas atau dingin, karena dapat memicu pengikisan lapisan gigi. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Salah satu gejala karies gigi adalah gigi berubah warna menjadi cokelat atau kehitaman

Deteksi Karies Gigi Sejak Dini dan Ketahui Cara Mengatasinya

Karies gigi dapat diatasi dengan mudah dan lebih murah jika terdeteksi secepat mungkin. Salah satu gejala karies gigi adalah sebagian gigi Anda berubah warnanya menjadi cokelat atau hitam. Selain itu, apa saja gejala yang dapat Anda kenali?