Apa saja tanda seseorang positif hamil?

AR Info Penanya: AR, Wanita, 29 Tahun
Mlm dok,saya ini mens tgl 15 dan saya progrm hamil.Tanģgl 27 saya kmbli kontrol dan hasilnya sel telur saya.Singkt crta dtgl 28-29 saya dianjurkan berhbgn tp yg saya rasakan sampai sekrg stlh tgl 28 saya merasa kram pert dbg bawah,mual mutah waktu mkn nasi dan kdg bdn jg demam ringan dan skrg mlh payudara sblh kiri atas terasa nyeri apa ini tanda saya hamil dok???
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, AR.

Hamil tentu menjadi dambaan bagi setiap wanita yang telah menikah. Setelah seorang wanita hamil, kurang lebih 40 minggu kemudian akan lahir seorang bayi yang akan melengkapi keluarga. Seorang wanita mendapat gelar baru, yaitu 'ibu', yang tentunya sangat membahagiakan.

Saat seorang wanita hamil, ada perubahan hormon yang terjadi pada tubuhnya, sehingga mengalami hal-hal berikut:

  • Tidak haid
  • Mual dan muntah, terutama pada pagi hari
  • Perubahan kulit, misalnya jerawat atau mengering
  • Nyeri perut
  • Payudara membesar
  • Menginginkan konsumsi makanan tertentu (ngidam)
  • Emosi yang mudah berubah (mood swing)

Meninjau cerita Anda, tentunya dokter spesialis kebidanan dan kandungan akan menyarankan Anda untuk berhubungan pada saat masa subur, yang jatuh 14 hari sebelum haid selanjutnya. Oleh karena itu, jika sampai tanggal 12-13 Mei Anda tidak mengalami haid, sebaiknya Anda melakukan testpack. Atau, Anda dapat langsung kembali berkonsultasi kepada dokter agar dilakukan USG.

Jika Anda benar hamil, jangan lupa untuk selalu konsumsi makanan bergizi dan minum air putih yang cukup. Hindari begadang, kendalikan tingkat stres, dan berusahalah agar tetap bergerak aktif, ya. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Merencanakan waktu kehamilan dapat disesuaikan dengan kesiapan mental, finansial, dan faktor-faktor lainnya

6 Hal Penting yang Wajib Diperhatikan Sebelum Merencanakan Waktu Kehamilan

Merencanakan waktu kehamilan bisa disesuaikan dengan kesiapan mental, finansial, dan faktor-faktor lainnya. Beberapa hal yang dapat membantu merencanakan waktu kehamilan, antara lain: mempelajari siklus ovulasi, frekuensi hubungan intim, dan menghindari stres