Penyakit autoimun, berobat ke mana?

PI Info Penanya: PI
Apakah ada dr specialis auto immune di rs siloam karawaci?Apakah bisa melakukan test ana if di lab rs siloam karawaci?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, PI. 

Autoimun adalah kondisi dimana sel-sel imun (kekebalan tubuh) tidak mengenali dan menyerang dirinya sendiri. Sel-sel imun yang sebetulnya bermanfaat bagi pertahanan tubuh malah diserang, karena dianggap sebagai benda asing. 

Jenis Penyakit Autoimun

Ada sekitar 80 penyakit yang digolongkan sebagai penyakit autoimun. Beberapa penyakit yang tersering adalah:

1. Lupus Eritomatosus Sistemik

Penyakit ini ditandai dengan ruam merah berbentuk kupu-kupu pada wajah, nyeri atau peradangan pada sendi, demam, cepat lelah, dan sensitif terhadap sinar matahari. ANA (Anti Nuclear Antibody) test adalah salah satu tes untuk menegakkan diagnosis lupus.

2. Inflammatory Bowel Disease

Penyakit ini ditandai dengan gangguan pada sistem pencernaan, seperti mudah diare, nyeri perut, karena adanya peradangan pada usus bagian dalam.

3. Rheumatoid Arthritis

Peradangan pada sendi yang terjadi pada penyakit ini menyebabkan sendi meradang, kaku, dan kemerahan.

4. Psoriasis

Tampak sebagai ruam-ruam kemerahan pada kulit yang bersisik, psoriasis bisa timbul pada bagian kulit di daerah mana saja.

5. Diabetes tipe I

Penyakit ini menyerang sel-sel pankreas yang berfungsi untuk menghasilkan insulin. Akibatnya, insulin tidak diproduksi dan gula darah menjadi tinggi.

Untuk mengetahui apakah Anda menderita penyakit autoimun atau tidak, dan yang mana jenisnya, sebaiknya Anda berkonsultasi kepada dokter spesialis penyakit dalam konsultan alergi imunologi (Sp.PD-KAI). Terkait fasilitas kesehatan yang Anda sebutkan, Anda dapat menghubungi secara langsung, juga untuk menanyakan ketersediaan tes laboratorium ANA di fasilitas kesehatan tersebut.

Terima kasih telah bertanya di forum SehatQ, semoga apa yang disampaikan bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia V

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Orang yang lanjut usia sering mengalami penurunan fungsi daya ingat

Multiple Sclerosis Picu Hilang Ingatan, Ketahui Penanganannya

Multiple sclerosis atau sklerosis ganda adalah salah satu penyakit autoimun yang mampu menimbulkan hilang ingatan. Meskipun demikian, masih terdapat beberapa cara meningkatkan daya ingat yang dapat dilakukan selain dari mengikuti terapi kognitif.