Bagaimana cara mengonsumsi buah plum?

FF Info Penanya: FF, Wanita, 29 Tahun
hai dok, akhir2 ini saya sering mengonsumsi buah untuk diet, namun ada beberapa buah yang saya kurang paham cara mengonsumsinya. kaloplum gimana ya dok cara makannya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, FF.

Buah plum adalah jenis buah yang kaya nutrisi. Kandungan vitaminnya di antaranya A, B, C, dan vitamin K. Tak lupa, plum juga mengandung serat dan mineral seperti fosfor. Plum juga kaya akan antioksidan, salah satunya adalah flavonoid. Dan dengan kandungan gizi yang begitu kaya, plum termasuk rendah kalori. Satu plum berukuran medium (sekitar 66 gram) hanya mengandung 30 kalori.

Dengan kandungan gizi tinggi dan kalori yang rendah, plum memiliki banyak manfaat lain bagi kesehatan, di antaranya:

  • Membantu mencegah penyakit diabetes dan osteoporosis
  • Melancarkan pencernaan dengan kandungan seratnya
  • Menjaga kecantikan dan kebersihan kulit karena kaya antioksidan
  • Membantu menurunkan kadar kolesterol di dalam darah
  • Membantu program diet untuk menurunkan berat badan karena rendah kalori

Anda bisa mengonsumsi plum dengan dimakan langsung, dibuat jus, atau dijadikan campuran dalam salad. Selain itu, buah plum juga bisa dikeringkan untuk dijadikan taburan dalam smoothies bersama granola.

Nah, perlu diketahui, Anda juga bisa mengonsumsi makanan lain selain plum yang juga rendah kalori dan tinggi nutrisi untuk program diet Anda, seperti blueberry dan blackberry. Kemudian, jaga juga pola makan Anda secara keseluruhan, karena apabila Anda mengonsumsi makanan tinggi kalori secara berlebihan, berat badan juga tidak akan turun. Jika ingin program penurunan berat badan secara personal, silakan berkonsultasi lebih lanjut ke dokter spesialis gizi ya.

Terima kasih atas pertanyaan Anda, semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ada beragam manfaat rumput laut, mulai dari menjaga fungsi kelenjar tiroid, hingga berpotensi mencegah diabetes

Manfaat Rumput Laut untuk Kesehatan yang Beraneka Ragam, Apa Saja?

Rumput laut kerap Anda temukan di es teler dan onigiri. Namun tak hanya enak, bahan makanan ini juga memiliki khasiat dan manfaat untuk tubuh Anda. Manfaat rumput laut tersebut, berguna mulai dari untuk kelenjar tiroid, hingga penurunan risiko penyakit jantung.