Melakukan aktivitas seksual tertentu, hamil tidak ya?

DA Info Penanya: DA, Pria, 23 Tahun
Dok. Saya mau tanya . Jadi sebelum saya melakukan hubungan dengan pasangan saya . Mr p saya itu mengeluarkan cairan putih bening sedikit. Lalu saya usap dengan tangan. Terus saya tekan tekan lagi lalu kluar lagi lalu saya usap. Dan akhirnya ga kluar lagi.setelah itu saya melakukan hubungan dengan pasangan saya. Tapi sperma saya saya kluarin di luar. Apakah bisa hamil?? Tolong jawab dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, DA.

Aktivitas seksual yang Anda lakukan bisa menyebabkan kehamilan, tetapi kemungkinannya sangat kecil. Dikatakan demikian karena ada kemungkinan cairan pre-ejakulasi keluar lagi pada saat penis masuk ke vagina, dimana cairan tersebut akan keluar tanpa disadari dan tidak dapat dikontrol. Apabila memang terjadi seperti itu, maka sperma yang terkandung dalam cairan tersebut mampu berenang dan membuahi sel telur.

Oleh karena itu, apabila nantinya pasangan Anda mengalami keterlambatan haid, lakukan uji kehamilan mandiri di rumah dengan menggunakan testpack. Celupkan alat uji ke dalam wadah yang berisi urine, lalu baca hasilnya dalam beberapa menit. 

Apabila hasilnya positif, maka selamat! Jagalah kehamilan pasangan Anda baik-baik dengan memberi dukungan yang maksimal. Ingatkan pasangan untuk mengonsumsi makanan bergizi, tidur cukup, tetap bergerak aktif tetapi jangan sampai kelelahan, dan menghindari stres.

Tetapi, apabila hasilnya negatif dan memang Anda tidak berniat untuk merencanakan kehamilan, sebaiknya hindari aktivitas seksual tanpa kontrasepsi apapun. Ada banyak kontrasepsi yang praktis dan dapat menjadi pilihan untuk menunda kehamilan, misalnya kondom, pil, atau suntik.

Untuk informasi lebih lanjut terkait hal ini, atau apabila ingin melakukan USG untuk memastikan kehamilan, Anda dapat mengajak pasangan untuk berkonsultasi kepada dokter spesialis kebidanan dan kandungan. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Skincare yang aman untuk ibu hamil

Mengenal Kandungan Skincare yang Aman untuk Ibu Hamil

Skincare yang aman untuk ibu hamil penting untuk Anda ketahui. Sebab, ibu hamil yang salah menggunakan produk perawatan kecantikan dapat berisiko membahayakan kehamilan Anda.