Sesak napas, tenggorokan kering apakah karena covid19?

DM Info Penanya: DM, Pria, 1 Tahun
Selamat malam dok, saya mengalami sedikit sesak napas , tenggorokan kering dan mulut kering, inflensa, deman pernah tgl 9 Mei 1malam ( skng sudah mendingan ) sy hanya pergi ke ATM beberapa kali dan sisanya di rumah sesuai anjuran pemerintah apakah yang sy infokan gimana ??? Mohon infonya dan apa yang saya harus lakukan
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam DM,

Covid-19 atau infeksi corona virus adalah infeksi yang menyerang saluran pernapasan dan beberapa organ tubuh lain. Saat ini infeksi covid-19 sendiri bisa terjadi tanpa gejala sama sekali ataupun timbul gejala bukan dari saluran pernapasan, tetapi beberapa gejala infeksi covid-19 yang khas diantarnya seperti demam lebih dari 38 derajat, batuk kering, sesak napas dan juga bisa disertai pilek ataupun gejala lainnya.

Meskipun demikian, tidak selalu gejala tersebut adalah disebabkan oleh infeksi covid-19, karena infeksi bakteri atau infeksi virus lain juga bisa menimbulkan gejala yang sama.

Apabila mengalami sesak, tenggorokan kering dan mulut kering bisa juga karena beberapa penyebab seperti:

  • Kondisi kurang cairan atau dehidrasi
  • Reaksi alergi
  • Gangguan pencernaan seperti maag atau penyakit asam lambung
  • Radang tenggorokan
  • Infeksi saluran pernapasan
  • Efek mengonsumsi obat tertentu

Jadi untuk mengatasinya bisa perbanyak minum air putih, hindari makanan yang berminyak atau yang mengiritasi tenggorokan dan lambung, hindari polusi seperti debu, asap rokok, polusi dan lainnya. Bisa konsumsi obat maag sebelum makan. Jika keluhan tetap timbul dan mengganggu periksakan diri pada dokter terdekat.

Jaga kebersihan diri dengan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat, cuci tangan pakai sabun dan air mengalir, hindari menyentuh mata, mulut dan hidung jika belum cuci tangan dan lakukan social distancing. Gunakan masker jika bepergian. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Permen pelega tenggorokan biasanya mengandung mentol dan obat antiseptik untuk meringankan tenggorokan gatal

Benarkah Permen Pelega Tenggorokan Ampuh Atasi Batuk?

Saat sakit tenggorokan atau batuk, permen pelega tenggorokan memang bisa membantu mengurangi gejala. Namun karena efeknya hanya sementara, kita cenderung mengonsumsi permen tersebut terus-menerus. Hati-hati efek sampingnya, ya.