21 Sep 2021, 14:23Kandungan

apakah setelah KB suntik boleh langsung hubungan?

HD
Info Penanya: HD0
Selamat siang dok, saya melahirkan normal di masa nifas 20 hari saya suntik KB setalah itu saya berhubungan badan sama suami Apakah mungkin saya bisa hamil lagi ? Takut Sekarang lagi ASI ekslusif
87 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Evelin Kwandang
(0)
Halo H,Masa nifas biasanya berlangsung sekitar 6-8 minggu. Pada masa ini, organ-organ dan hormon ibu akan mengalami pemuliha. Selama masa nifas wanita umumnya belum subur kembali, sehingga belum bisa mengalami kehamilan. Untuk itu, jika ibu melakukan KB dan hubungan seksual pada masa ini maka adanya kehamilan mungkin tidak akan terjadi.Setelah nifas selesai, barulah ibu akan kembali bisa mengalami kehamilan jika tidak menggunakan KB. Melakukan ASI eksklusif merupakan salah satu KB alami dimana kemungkinan untuk adanya kehamilan umumnya menurun selama ibu melakukan asi eksklusif.

Hubungan seksual saat nifas

Namun melakukan hubungan seksual disaat masih ada perdarahan nifas, sebenarnya memiliki resiko terjadinya infeksi pada rahim. Penyebabnya adalah kemungkinan masuknya darah di vagina yang sudah tercemar bakteri ke dalam rahim karena terdorong oleh kemaluan pria. Sehingga hubungan seksual sebaiknya ditunda hingga masa nifas selesai. Jika merasakan keluhan lebih lanjut misalnya demam tinggi, lakukanlah pemeriksaan ke dokter kandungan.Kb suntik 3 bulan adalah salah satu metode kontrasepsi yang akan efektif bekerja setelah 7 hari dari sejak penyuntikkan. Untuk itulah melakukan KB ini saat masa nifas adalah pilihan yang tepat. Berikutnya, jangan lupa untuk melakukan suntik sesuai jadwal ya.
Salam sehat
dr. Evelin Kwandang
penggunaan kbpendarahan pasca melahirkankontrasepsi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil