13 Mar 2021, 02:43Kandungan

Sering hubungan intim lalu telat haid, apakah hamil?

A
Info Penanya: A0
Dok, saya sering berhubungan dg pacar saya saat mens pun saya pernah berhubungan tapi menggunakan pengamanan, setelah itu aku berhubungan lagii setelah mens dan beberapa ronde tapi gapernah keluar di dalem. Nah pertanyaan saya kenapa saya telat haid dok, apaa saya hamill?.
191 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat pagi, ATerima kasih atas pertanyaannya.Kehamilan akan terjadi setelah sperma membuahi sel telur untuk dilanjutkan melekat pada dinding rahim untuk kemudian berkembang menjadi janin.  Sedangkan haid adalah peluruhan dari dinding rahim akibat sel telur tidak dibuahi oleh sperma sehingga akan keluar beserta darah dan lendir.  Siklus haid normalnya 21-35 hari sekali.  Ketika mengalami terlambat haid lebih dari 35 hari dihitung dari haid sebelumnya. 

Penyebab terlambat haid :

  • Faktor kelelahan dan sering begadang.
  • Kehamilan dan menyusui.
  • Obesitas atau badan terlalu kurus.
  • Pramenopause
  • Penggunaan KB hormonal.
  • Gangguan pada rahim.
  • Kelainan hormon tiroid.
Selama hubungan menggunakan kondom dan penggunaannya benar maka kemungkinan hamil sangat kecil namun jika hubungan tidak menggunakan kondom  walau ejakulasi di luar ada kemungkinan untuk hamil karena adanya cairan praejakulasi yang dapat keluar tanpa disadari saat ereksi.  Cairan prejakulasi memiliki kandungan sperma seperti pada cairan ejakulasi sehingga dapat membuahi sel telur.  Untuk memastikannya anda bisa coba testpack ketika telat lebih dari 10 hari dan periksa ke dokter spesialis kandungan untuk hasil yang lebih akurat. Sementara ini jaga berat badan seimbang, konsumsi makan sehat, perbanyak air putih, hindari makanan berpengawet atau kadein, serta olahraga teratur untuk menjaga siklus haid lancar. Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
kehamilanhubungan seks beresikogangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil