13 Nov 2020, 21:33Infeksi

Tenggorokan sakit lalu timbul benjolan di belakang leher

PS
Info Penanya: PS0
dok minggu kemarin leher belakang saya sakit trus setelahnya muncul benjolan gitu setelah itu tenggorokan saya serasa ada yg mengganjal itu kenapa dok???
1388 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat siang, PS.Tenggorokan yang sakit adalah suatu gejala yang terjadi ketika ada peradangan pada bagian saluran pernapasan, seperti misalnya amandel (tonsil), batang tenggorok (faring), ataupun pita suara (laring). Kondisi ini tentunya tidak nyaman, karena akan mengganggu proses makan, ataupun saat sekadar menelan ludah.Ketika terjadi peradangan saluran napas, kelenjar getah bening yang terletak di sekitarnya dapat ikut meradang. Misalnya, di dagu, bawah telinga, maupun belakang leher. Hal ini disebabkan karena reaksi sistem kekebalan tubuh untuk 'menangkap' virus atau bakteri penyebab peradangan tersebut.Oleh karena itu, sebaiknya Anda fokus untuk menangani peradangan tersebut terlebih dahulu. Ketika peradangan telah membaik, biasanya benjolan tersebut perlahan-lahan akan menghilang. Jadi, lakukan hal-hal berikut:
  • hindari konsumsi makanan pedas, makanan berminyak, atau minuman dingin
  • konsumsi air putih yang cukup
  • konsumsi air jahe yang dicampur dengan lemon dan madu (sebagai obat alami)
  • banyak beristirahat dan tidak tidur larut malam
Apabila keluhan tidak membaik atau disertai dengan demam, sesak napas, atau benjolan yang timbul di tempat lain, konsultasikan keluhan Anda ke dokter penyakit dalam agar dilakukan pemeriksaan secara menyeluruh. Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
radang tenggorokaninfeksi saluran pernapasansakit tenggorokan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil