10 Aug 2020, 10:14Kandungan

Apakah bisa hamil jika sudah haid dua kali?

MM
Info Penanya: MM, Pria, 24 Tahun
Dokter maaf mau tanya apakah kalah sudah haid 2x bisa brpotensi hamil? Jadwal nya rutin 1 bulan sekali
7729 Views
1 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat malam, MM.Haid adalah kondisi keluarnya darah dari liang vagina, yang berasal dari luruhnya dinding rahim karena tidak ada proses pembuahan. Idealnya, haid akan dialami seorang wanita setiap 21-35 hari, dengan lama haid 3-7 hari. Proses haid ini diatur oleh sistem hormon tubuh, sehingga apabila ada perubahan hormon yang terjadi, maka haid juga akan berubah.Sedangkan kehamilan adalah kondisi yang terjadi apabila adanya pembuahan (pertemuan sel sperma dengan telur). Agar kehamilan dapat terjadi, pria dan wanita perlu melakukan aktivitas seksual. Kemungkinan kehamilan akan semakin besar apabila aktivitas tersebut dilakukan pada saat masa subur. Terkait pertanyaan Anda, apabila seorang wanita sudah mengalami haid pertamanya (menarche), maka wanita tersebut sudah dapat hamil. Apalagi jika sudah haid dua kali, maka tentu bisa hamil, ya. Asalkan, wanita tersebut melakukan hubungan seksual.

Pola Hidup Sehat agar Haid Lancar

Apabila jadwal haidnya rutin setiap bulan, maka hal tersebut sangatlah baik. Dianjurkan untuk selalu melakukan pola hidup sehat, agar hormon senantiasa seimbang dan haid akan terus teratur ke depannya. Beberapa pola hidup sehat yang dapat diterapkan adalah:
  • Mengonsumsi makanan bergizi, perbanyak buah dan sayur
  • Minum air putih yang cukup
  • Rutin melakukan aktivitas fisik 30 menit per hari
  • Tidur cukup 7-9 jam per hari
  • Mengelola stres dengan baik
Apabila membutuhkan informasi lebih lanjut, jangan sungkan untuk melakukan konsultasi ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan, ya. Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
hamilkehamilanhaid
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil