Belum mens padahal ejakulasi di luar, apakah hamil ?

WB Info Penanya: WB, Wanita, 1 Tahun
dok saya mau tanya, saya berhubungan pada tanggal 7 , teruss bulan kemarin saya mens tgl 22 tapi sampai hari ini sayaa belum menss? apakah saya hamil, pdhl ga keluar di dalem
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, WB.

Belum menstruasi pada jadwal siklus yang biasanya, dapat merupakan keadaan yang disebabkan oleh berbagai kondisi medis, salah satunya kehamilan. Namun karena masih terdapat berbagai faktor pemicu lainnya, keadaan tidak mens tersebut bukanlah tanda mutlak kehamilan. Penyebab lainnya dari telat haid biasanya bergubungan dengan ketidakseimbangan hormon.

Adapun berbagai faktor tersebut, diantaranya adalah :

  • berat badan berlebih atau sangat kurang
  • tidak berolah raga atau terlalu banyak berolahraga seperti atlet
  • kelelahan
  • pola makan yang tidak sehat dan gangguan pola makan seperti bulimia 
  • stres, kecemasan dan kondisi emosional labil lainnya
  • konsumsi obat tertentu 
  • penyakit tertentu seperti PCOS, gangguan pada kelenjar tiroid dan lain-lainnya

Mengenai keluhan belum mens pada Anda yang disertai riwayat berhubungan dengan pasangan tanpa pengeluaran sperma (ejakulasi) di dalam, sejatianya tidak dapat mencegah kehamilan sepenuhnya. Hal tersebut disebabkan oleh masih mungkinnya terdapat sel sperma pada cairan pra-ejakulasi yang dapat keluar tanpa disadari sebelum terjadinya ejakulasi.

Untuk itu, Anda dapat memastikan adanya kehmailan atau tidak dengan melakukan test pack pada keterlambatan haid melebihi 10 hari. Untuk hasil yang lebih akurat test pack dapat dilakukan kembali, seminggu setelah pemeriksaan pertama kali. Hal tersebut bertujuan untuk memberikan waktu bagi hormon kehamilan agar meningkat secara signifikan.

Jika keluhan belum haid berlangsung hingga 3 bulan tanpad disertai hasil test pack yang positif, periksakanlah diri Anda ke dokter Kandungan.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Hamil tanpa gejala mual dan muntah masih terbilang normal

Hamil Tanpa Gejala Umum, Apakah Normal?

Ketika sebagian besar keluhan ibu hamil terutama di trimester pertama diwarnai mual, muntah, tak nafsu makan, dan sederet keluhan lainnya, ada saja ibu hamil yang cukup “beruntung”, tak merasakan apapun. Contoh hamil tanpa gejala adalah tidak merasakan perubahan fisik hingga sama sekali tak merasakan mual dan muntah.