Kapan waktu terbaik untuk suntik Kb?

SU Info Penanya: SU
jika sudah pernah suntik KB lalu berhenti suntik KB hampir 1 tahun lalu ingin KB lagi harus menunggu 1 minggu atau tidak dok?saya ragu" kata teman saya jika sudah pernah kb lalu ingin kb lagi tidak harus menunggu 1 minggu, menunggu 1 minggu hanya untuk yg belum pernah suntik kb apakah benar dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, SU.

 

Suntik Kb merupakan salah satu jenis kontrasepsi yang berisi hormon. Suntik Kb terdapat 2 macam yaitu suntik kb 1 bulan dengan suntik kb 3 bulan. Untuk suntik kb 1 bulan berisi campuran hormon progestin dengan estrogen sedangkan suntik kb 3 bulan berisi hormon progestin dimana hormon ini serupa dengan hormon yang dihasilkan oleh indung telur (ovarium) pada wanita. 

Suntik kb sangat digemari oleh para wanita sebab dapat mencegah kehamilan 99 persen jika dilakukan dengan benar, dalam arti waktu suntik tepat. Waktu terbaik saat ingin melakukan suntik Kb adalah ketika sedang menstruasi dihari kelima sebab jika obat baru disuntikkan setelah hari kelima maka diperlukan 7 hari untuk menunggu obat tersebut bereaksi dengan baik dan efektif bekerja.

Terkait dengan pertanyaan Anda jika saat ini Anda baru akan mulai menggunakan kb suntik kembali sebaiknya tetap dilakukan disaat hari kelima menstruasi jika lebih maka tetap harus menunggu 1 minggu untuk tidak berhubungan seksual agar mendapatkan efek yang maksimal. Maka konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter kandungan jika ingin melakukan suntik kb ya.

Untuk menjaga agar hormon tetap stabil selama menggunakan suntik Kb sebaiknya hal yang Anda lakukan adalah sebagai berikut:

  • Olahraga dengan teratur.
  • Makan banyak sayur dan buah-buahan.
  • Tidur yang cukup minimal 7-8 jam perhari.
  • Kelola stres dengan baik.
  • Minum banyak air putih minimal 2-3 liter perhari.

 

Semoga bermanfaat.

Salam sehat, 

 

dr.Sri Wulantini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gambar USG janin 10 minggu

Seputar Perkembangan Janin Usia 10 Minggu Kehamilan

Saat usia janin 10 minggu, akan banyak perkembangan yang terjadi, seperti tumbuhnya organ vital, jari, hingga benih gigi. Di usia kandungan ini juga janin sudah mulai berbentuk menyerupai bayi, dan akan berkembang hingga sebesar buah strawberry.