KB implan 2 tahun tidak pernah haid dan ada perdarahan

NN Info Penanya: NN, Wanita, 24 Tahun
Dok saya mau tanya kenapa ya dok saya kan pake implanl slama 2 thn tdk pernah dtg bulan . tapi slama 2thn jg kalo berhubungan dengan suami slalu ada darah dipenis suami ? Kenapa ya dok ? Semntara saya tdk pernah dtg bulan
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam NN.

Perdarahan saat melakukan hubungan seksual adalah keluhan yang bisa terjadi baik karena adanya gangguan pada organ reproduksi, adanya infeksi, gesekan selama berhubungan seksual ataupun luka pada organ kewanitaan.

Gangguan organ reproduksi 

Beberapa masalah pada organ reproduksi yang bisa menimbulkan perdarahan saat melakukan hubungan seksual diantaranya seperti:

  • Adanya polip atau jaringan lunak yang mudah berdarah
  • Adanya peradangan vagina atau vaginitis
  • Adanya peradangan pada serviks
  • Adanya tumor jinak
  • Vagina yang kering
  • Adanya penyakit menular seksual

Apabila selalu timbul saat berhubungan seksual, maka sebaiknya dipastikan penyebabnya dengan memeriksakan diri pada dokter spesialis kandungan. KB implan sendiri bisa secara tidak langsung menjadi penyebabnya seperti misalnya KB implan menimbulkan masalah hormonal.

Untuk membantu mengatasi perdarahan saat berhubungan seksual bisa dilakukan beberapa cara seperti misalnya melakukan pemanasan lebih lama, gunakan kondom, gunakan cairan pelumas tambahan ataupun bisa lakukan hubungan seksual dengan tidak terburu-buru melakukan penetrasi.

Jika selama 2 tahun tidak mengalami menstruasi atau disebut amenorea juga bisa memicu perdarahan saat berhubungan seksual. Jadi bisa mencoba mengganti metode kontrasepsi dengan metode lain. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Jika vagina anda tersasa perih saat bercinta, itu bisa menjadi salah satu gejala dispareunia

Vagina Perih Saat Bercinta? Waspadai Menderita Gejala Dispareunia!

Dispareunia adalah nyeri pada alat kelamin yang terus menerus dan atau berulang sesaat sebelum, saat, atau pun sesudah berhubungan seks. Gejala dispareunia yaitu nyeri pada saat penetrasi, vagina perih. Penyebabnya adalah tidak cukupnya pelumas, adanya riwayat luka atau iritasi.