Jika HPHT 5 Oktober, kapankah hari perkiraan lahirnya (HPL) ?

SU Info Penanya: SU, Wanita, 1 Tahun
Pagi dok saya mau tanya haid saya tanggal 5oktober kira kira saya lahiran nyah kapan ya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, F.

Hari perkiraan lahir (HPL) merupakan hari yang tentunya sangat ditunggu-tunggu oleh orang tua. Umumnya sejak awal telah diperkirakan melalui hari pertama haid terakhir (HPHT) Ibu. Kehamilan sendiri biasanya berlangsung selama 38-40 minggu. Apabila Ibu memiliki siklus mentruasi yang teratur selama 28 hari, maka perhitungan HPL dapat menggunakan rumus Naegele, yakni dengan rumus : HPHT + 7 hari - 3 bulan.

Maka, untuk Anda yang HPHT nya jatuh pada tanggal 5 Oktober 2019, ditambahkan 7 hari yaitu 12 Oktober, dikurangi 3 bulan menjadi 12 Juli dengan tahunnya ditambah satu menjadi 12 Juli 2020.

Namun demikian, tidak semua wanita memiliki siklus haid yang teratur dan terjadi setiap 28 hari, ada yang lebih pendek ada pula yang lebih panjang. Untuk itu dapat menggunakan rumus Parikh, yakni : HPHT + 9 bulan + (lama siklus menstruasi - 21 hari). Untuk metode ini perlu dipastikan terlebih dahulu siklus haid Anda berapa lama, sehingga dapat dimasukan pada rumus tersebut.

Perlu diketahui juga bahwa pada dasaranya perhitungan HPL ini hanyalan perkiraan dan tidak sepenuhnya akurat. Menurut data, hanya sekitar 5 dari 100 wanita yang dapat tepat melahirkan sesuai dengan HPL yang diperkirakan. Maka perkiraan ini hanyalah acuan untuk Ibu dan keluarga mempersiapkan diri dan mendapatkan perawatan yang sesuai menjalang persalinan.

Untuk keterangan lebih lanjut, Anda bisa mendapatkannya dengan berkonsultasi secara langsung dengan dokter Kandungan Anda.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ. Salam sehat, dr. Rahmita Dewi
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Mual dan muntah saat hamil trimester pertama

Kondisi Ini Sering Muncul Saat Hamil Trimester Pertama

Hamil trimester pertama tak jarang disertai dengan berbagai kondisi medis tertentu. Mulai dari pendarahan vagina, hingga sakit kaki atau betis bisa terjadi.