Kembung setelah berhubungan intim, keputihan, dan mual setiap habis makan

S Info Penanya: S
Hallo dok saya mau tanyaSaya mens tgl 9 juni lalu untuk pertama kali berhubungan(kluar di luar) itu tgl 27 dan ygke 2di tgl 28 saat berhubungan yg ke2mengeluarkan darah. Dan saya merasa setelah berhubungan perut terasa ada yang memompa(kembung) trus 5hari nya saya ada keputihan berwarna coklat lalu merasakan mual,perut terasa penuh dan kaku,sering buang air kecil,sendawa,kentut,buang air besar di tanggal 6 sampai sekarang keluhan sedikit berkurang tapi stiap mkan skrng bru kembung dn mual
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, S.

Hubungan intim adalah hal yang rutin dilakukan suami istri. Saat berhubungan untuk pertama kalinya setelah menikah, terkadang wanita akan mengalami robekan selaput dara, yang menyebabkan flek atau bercak darah dari vagina.

Pasca berhubungan intim beberapa kali, terkadang seorang wanita juga bisa merasakan kembung atau pusing karena belum terbiasa untuk melakukan hal tersebut. Selain itu, beberapa wanita dapat merasakan nyeri pada vaginanya.

Lalu, keputihan berwarna cokelat yang terjadi lima hari setelah berhubungan yang Anda alami, bisa saja merupakan bercak implantasi tanda kehamilan. Selain itu, hal tersebut juga bisa disebabkan karena faktor lain, seperti stres, PCOS, luka pada liang vagina, maupun infeksi organ intim.

Apabila ada rasa mual setelah habis makan, maka bisa disebabkan oleh tanda awal kehamilan atau penyebab lainnya seperti maag. Oleh karena itu, disarankan untuk melakukan testpack terlebih dahulu untuk memastikan kehamilan. Atau, dapat juga lakukan USG rahim di dokter spesialis kebidanan dan kandungan.

Berikut hal-hal yang dapat Anda lakukan apabila benar hamil:

  • Selalu cukupi kebutuhan nutrisi ibu dan janin dengan mengonsumsi makanan bergizi
  • Minum air putih yang cukup untuk memenuhi kebutuhan cairan
  • Aktif bergerak namun jangan sampai kelelahan
  • Kendalikan tingkat stres dengan baik
  • Mintalah dukungan kepada suami dan keluarga terdekat

Terima kasih atas pertanyaan Anda di forum SehatQ, semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Masturbasi yang berlebihan adalah salah satu penyebab penis patah.

Tidak Hati-hati Ketika Berhubungan Seksual, Penis Patah Bisa Terjadi

Mungkin Anda pernah mendengar tentang penis patah, tanpa mengetahui penyebabnya. Kondisi medis ini bisa terjadi pada penis setiap pria, terutama ketika sedang ereksi. Bagaimana penjelasannya?