Anak demam 5 hari, perut panas, harus bagaimana?

DE Info Penanya: DE, Pria, 41 Tahun
dok anak sy umur 9 th panas badannya tak kunjung hilang sdh 5 hari ini perut juga terasa panas.berat badan anak sy 45 kg..mhn solusinya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, DE.

Demam adalah kondisi ketika suhu tubuh lebih dari 38 derajat celcius. Ketika suhu tubuh meningkat, kekebalan tubuh sedang bekerja untuk melawan benda asing yang masuk, yang dapat berupa bakteri, virus, parasit, jamur, alergen, dan lain-lain. Biasanya, demam disertai dengan gejala penyerta, tergantung benda asing menginfeksi organ tubuh mana.

Terkait pertanyaan Anda, demam yang disertai dengan keluhan pada perut bisa disebabkan oleh:

Karena demam pada anak Anda sudah berlangsung selama lima hari, sangat disarankan untuk membawanya ke dokter spesialis anak untuk pemeriksaan lanjutan seperti laboratorium. Dokter akan memberikan terapi yang sesuai dengan penyebab demam anak, setelah mengetahui penyebabnya secara pasti.

Setelah mendapatkan obat, jangan lupa konsumsi sesuai anjuran, ya. Anda juga dapat mengompres handuk hangat di kening dan ketiak anak untuk membantu menurunkan suhu. Jangan lupa meminta anak untuk minum air putih yang cukup untuk mencegah dehidrasi. 

Terima kasih, semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sering demam bisa menjadi tanda kondisi medis tertentu

Mengapa Anda Sering Demam?

Demam merupakan indikasi adanya masalah dalam tubuh Anda. Jika Anda sering demam, hal ini dikarenakan tubuh Anda sedang dalam proses untuk melawan infeksi atau penyakit yang berada dalam tubuh. Beberapa penyakit yang mampu memicu sering demam adalah infeksi saluran kandung kemih dan kanker.