Apa KB suntik menyebabkan flek berkepanjangan?

MH Info Penanya: MH
Halo dok saya dulu pernah kb 3 bulan setelah itu saya sudah mens 3 bulan kemudian. Dan mens lagi sekitar 1 bulan dan setelah itu setelah berhubungan sering keluar darah berkepanjangan. Kira kira kenapa ya dok ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, MH.

Ada berbagai alasan yang melatarbelakangi keputusan untuk menunda kehamilan. Misalnya, belum siap mental, belum siap secara finansial, atau mengatur jarak agar usia anak tidak terlalu dekat. Nah, kontrasepsi adalah metode yang dilakukan oleh pasangan suami-istri untuk menunda kehamilan tersebut.

Jenis Kontrasepsi

Ada dua jenis kontrasepsi yang dikenal saat ini, yaitu:

1. Kontrasepsi alami

Pasangan suami-istri tidak menggunakan alat apapun untuk mengatur kehamilan. Metode yang dilakukan adalah dengan menghitung kalender, dan menghindari berhubungan pada masa subur. Bisa juga dengan mengamati lendir serviks atau suhu tubuh, atau senggama terputus.

2. Kontrasepsi buatan

Kontrasepsi buatan terbagi lagi menjadi dua. Pertama, kontrasepsi non-hormonal seperti kondom atau IUD. Kedua, kontrasepsi hormonal misalnya suntik, pil, atau implan. Kontrasepsi hormonal sendiri akan menyebabkan hormon tubuh berubah dan tidak sesuai dengan kondisi alaminya, sehingga akan menyebabkan efek samping seperti siklus haid yang tidak teratur, jerawat, masalah pada kulit, atau kenaikan berat badan.

 

Kondisi yang Anda ceritakan, yaitu flek berkepanjangan bisa saja disebabkan oleh penggunaan suntik tersebut. Apabila flek sedikit-sedikit dan tidak disertai dengan keluhan lainnya, itu hanya efek samping dan masih normal, ya. Namun, jika keluhan Anda disertai dengan darah yang mengalir deras, rasa lemas, atau bibir pucat, sebaiknya Anda memeriksakan diri langsung ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan. Anda juga bisa berdiskusi kontrasepsi apa yang cocok untuk Anda.

Terima kasih, semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

IUD atau KB Spiral, jenis alat KB yang tidak bikin gemuk

KB yang Tidak Bikin Gemuk ada Banyak Jenisnya, Ini Buktinya

Banyak wanita ragu menjalani program Keluarga Berencana karena takut gemuk setelahnya. Padahal, ada alat KB yang tidak bikin gemuk yang bisa menjadi pilihan alternatif. Apa saja?