Bagaimana penanganan post operasi payudara?

NR Info Penanya: NR, Pria, 1 Tahun
Mau tanya dok..istri saya abis di bedah sample,benjolan di payudara kanan..dan tangan kanan pun ikut bengkak sampai ke pergelangan..itu sakit apa ya dok dan gimana pengobatannya..
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi NR,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Operasi Fibroadenoma mamae (FAM) yang merupakan tumor jinak pada payudara. Prosedur operasi FAM dapat dilakukan dengan dua metode :

  • Lumpektomi, di mana seluruh benjolan fibroadenoma diangkat dari payudara dengan pembedahan. Pada operasi ini, biasanya pasien dibius total. Luka operasi yang disebabkan prosedur ini cukup besar dan biasanya memudar dalam 3 bulan.
  • Cryoablation, di mana benjolan fibroadenoma dihancurkan dengan dibekukan terlebih dahulu. Pembekuan benjolan dilakukan menggunakan gas yang disuntikkan langsung ke benjolan. Operasi ini tidak membutuhkan bius total dan bekas luka operasinya sangat kecil.

Setelah operasi payudara memang ada komplikasi yang biasa terjadi, seperti :

  • Rasa nyeri post operasi akibat sayatan dan jaringan yang diambil
  • Bengkak di area payudara terkadang bisa menjalar ke tangan
  • Mual dan muntah akibat dari efek samping obat bius
  • Infeksi luka operasi

Oleh sebab itu pentingnya menanyakan komplikasi setelah operasi pada dokter Anda sebelum operasi, Anda bisa mengatasi bengkak Anda dengan mengkompres hangat, minum paracetamol untuk meredakan nyerinya, tetap konsumsi makanan yang bergizi dan cukupi kebutuhan air putih minimal 2 liter / hari. Jika tidak kunjung membaik sebaiknya, dikonsultasikan lebih lanjut ke dokter bedah Anda.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Bekas jahitan caesar akan memudar seiring berjalannya waktu

Kenali Tanda-Tanda Bekas Jahitan Caesar Bermasalah dan Cara Merawatnya

Bekas jahitan caesar dapat bermasalah apabila terkena bakteri penyebab infeksi. Gejalanya biasa diiringi dengan demam hingga nyeri pada area perut.