Bagaimana cara mengobati lipoma?

DC Info Penanya: DC, Pria, 20 Tahun
Dok bagaimana cara mengobati lipoma ?? Apakah itu penyakit serius ??
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi DC,

Lipoma adalah gejala yang timbul berupa benjolan yang disebabkan oleh pembesaran sel lemak secara abnormal dimana benjolan ini bisa disebut juga dengan tumor. Meskipun begitu lipoma sering kali tidak berbahaya dan tidak memerlukan penanganan khusus.

Penyebab pastinya sendiri tidak diketahui tapi beberapa faktor risiko bisa meningkatkan kejadian lipoma seperti faktor genetik, obesitas, kolesterol tinggi, diabetes, gangguan hati dan lainnya.

Tetapi jika timbul keluhan seperti nyeri, benjolan makin besar atau bertambah jumlahnya ataupun mengganggu penampilan maka bisa dilakukan tindakan untuk mengatasi benjolan lipoma tersebut.

Prosedurnya sendiri aman dan cukup singkat bisa dilakukan dengan beberapa cara baik dengan penyuntikan steroid, dilakukan pembedahan ataupun sedot lemak. Jadi bisa periksakan diri pada dokter beda ya untuk penanganan lebih lanjut. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penyebab benjolan di ketiak yaitu infeksi bakteri atau virus, limfoma, hingga pertumbuhan sel kanker

11 Penyebab Munculnya Benjolan di Ketiak yang Mungkin Pernah Anda Alami

Ketiak adalah salah satu bagian tubuh yang jarang diperhatikan, namun memiliki banyak masalah kesehatan. Salah satunya adalah benjolan. Penyebab benjolan di ketiak yaitu infeksi bakteri atau virus, limfoma, hingga pertumbuhan sel kanker.