Kandungan ^ minggu tapi tidak ada gejala sama sekali

AE Info Penanya: AE, Pria, 1 Tahun
Dok istri saya hamil, tapi tidak merasakan gejala hamil sama sekali klau gak salah kehamilan udah menginjak 6 minggu dok, apakah bisa di katakan normal apa harus petiksa kedokter untuk memastikan, Terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam AE,

Tanda dan gejala hamil biasanya timbul pada trimester awal kehamilan, terutama pada bulan pertama dan kedua kehamilan. Gejala hamil muda dapat beragam diantaranya adalah:

  • Mual dan muntah di pagi hari
  • Mudah emosi atau suasana perasaan yang mudah berubah
  • Nyeri perut ringan
  • Payudara yang lebih sensitif
  • Mudah lelah,
  • Muncul flek darah
  • Tidak haid dan beberapa gejala lainnya.

Tanda kehamilan ini sendiri bisa berbeda-beda pada tiap individunya, ada yang gejalanya ringan atau tidak ada sama sekali sampai keluhan mual muntah hebat yang memaksa ibu hamil tersebut memerlukan perawatan lebih lanjut.

Apabila baru 6 minggu dan tidak ada gejala, bisa merupakan hal yang normal.  Usia kehamilan sendiri bisa dihitung dari Hari Pertama Haid Terakhir ataupun dari pemeriksaan USG. Jika sebelumnya baru memastikan hamil tidak menggunakan testpack maka perlu dilakukan pemeriksaan USG. Nanti di minggu ke 10 sampai 12 kehamilan bisa dilakukan pemeriksaan USG untuk memastikan kehamilan dan melihat kantung janin yang dibuahi, posisi janin, dan perkembangan janin tersebut.

Upayakan menjaga asupan nutrisi terutama asupan asam folat, zat besi, vitamin, mineral dan juga kalori yang cukup agar kehamilan bisa berjalan dengan baik sampai persalinan nantinya. Jangan lupa untuk melakukan kontrol berkala pada bidan atau dokter kandungan agar memantau kondisi kehamilan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Wajah kusam saat hamil dikenal dengan chloasma atau melasma

Wajah Kusam Saat Hamil, Apa Penyebabnya?

Wajah kusam saat hamil dikenal dengan chloasma atau melasma. Meski dapat mengganggu penampilan, kondisi ini sebenarnya tidak membahayakan. Lantas, apa penyebab dan bagaimana cara mencegah kulit wajah kusam saat hamil?