21 Jun 2021, 11:49Penyakit Lainnya

Vitamin C apa menyembuhkan anemia?

CG
Info Penanya: CG0
dok apakah c 500 bisa membantu penyembuhan anemia
103 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Vina Liliana
(0)
Selamat sore CG,Anemia adalah kondisi yang mana sel darah merah atau hemoglobin dibawah normal. Banyak berbagai jenis anemia dan penanganan tergantung dari jenis anemianya. Namun apapun jenis anemianya akan menimbulkan keluhan yang kurang lebihnya sama yakni kepala pusing, pandangan berkunang-kunang, badan lemah, lesu, wajah tampak pucar.

Penyebab anemia:

  • Perdarahan. Perdarahan ini bisa perdarahan dari lambung, organ reproduksi atau saat Anda mengalami kecelakaan dan mengeluarkan darah banyak.
  • Kekurangan zat besi.
  • Kekurangan vitamin B12.
Penanganan anemia tergantung dari jenis anemianya yang mana. Yang perlu diatasi adalah mengatasi penyebabnya sembari memberikan transfusi darah jika memang nilai hemoglobinnya dibawah 8 mg/dl. Karena jika kadar hemoglobin Anda terlalu rendah, maka akan mengganggu kerja organ-organ akibat suplai oksigen yang tidak terpenuhi dengan baik.Salah satu jenis anemia yang sering adalah anemia defisiensi besi yakni karena kadar zat besi di dalam tubuh kurang maka timbul anemia. Penanganan terhadap anemia jenis ini tentu dengan konsumsi suplemen yang mengandung zat besi serta konsumsi vitamin C yang membantu penyerapan zat besi lebih baik, sehingga zat besi bisa diserap tubuh dengan maksimal jika Anda rutin mengonsumsi vitamin C atau makan makanan yang mengandung vitamin C. Jadi dengan sendirinya anemia Anda akan lebih cepat sembuh.Lakukan konsultasi dengan dokter penyakit dalam jika Anda memiliki keluhan anemia.Salam sehat,dr. Vina
anemiaanemia defisiensi besiperdarahan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil