Menghilangkan gatal berair di jari tangan

NR Info Penanya: NR
hy dok saya mau tanya obat apa yg bisa menghilangkan gatal berair di jari tangan?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, NR.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Gatal pada kulit merupakan gejala kelainan kulit yang kerap kali di keluhkan. Apabila rasa gatal tidak berat dan tidak disertai ruam yang nyata, umumnya bukan merupakan hal yang serius. Namun, apabila keluhan gatal disertai ruam kemerahan, ruam yang berair atau lepuhan pad kulit, mungkin telah terjadi gangguan kulit yang lebih serius. Gangguan kulit gatal berair merupakan salah satu keluhan kulit yang cukup banyak terjadi.

Beberapa faktor yang mungkin menyebabkan keluhan gatal berair diantaranya adalah :

  • radang kulit (dermatitis) kontak alergi dan kontak iritan
  • dermatitis atopik
  • infeksi bakteri (impetigo), jamur (tinea), virus (cacar)
  • luka sengatan serangga
  • luka bakar (api, air, uap, benda panas)

Terkait dengan keluhan dan pertanyaan Anda tentang pengobatan keluhan gatal berair, perlu terlebih dahulu diketahui jenis gangguan kulit atau diagnosis pasti, serta penyebabnya. Anda perlu memeriksakan diri secara langsung untuk dapat diperiksa lebih lanjut.

Untuk sementara, Anda dapat mengompres keluhan gatal berair tersebut dengan cairan saline yang dijual di apotek. Apabila terdapat bintik yang berisi air hendaknya untuk diberi bedak salisil untuk mencegah pecahnya bintik tersebut.

Jika keluhan gatal berair disertai dengan demam dan ruam yang menyebar pada bagian kulit lainnya, sebaiknya segeralah periksakan keluhan tersebut pada dokter terdekat atau langsung kepada dokter Spesialis Kulit.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan SehatQ.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Obat salep antiinflamasi nonsteroid, kortikosteroid, antibakteri, tacrolimus dapat membantu mengurangi gatal dan kemerahan akibat peradangan kulit

Pilih Jenis Salep Eksim yang Tepat untuk Atasi Gangguan di Kulit

Eksim adalah peradangan kulit berupa gatal, kemerahan, dan pecah-pecah. Kondisi ini dapat diobati dengan salep antiinflamasi nonsteroid atau kortikosteroid yang diresepkan oleh dokter.