08 Feb 2021, 20:12Kandungan

Apa yang menyebabkan belum datang bulan, apakah kehamilan ?

FL
Info Penanya: FL0
Mlm dok ,saya mau tanya saya umur 28th ,dgn masa menstruasi sudah biasa teratur PD tgl 5 setiap bulan . Kemarin tgl 30januari saya menikah dan skrg sudah tgl 8 blm ada tanda2 menstruasi . Apa mungkin memang sudah terjadi pembuahan ?dikarenakan saya mulai ada rasa mual perut begah dan sering merasa lemas . Makasih dok
333 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat malam, F.Menstruasi yang awalnya normal terjadi disetiap bulan, namun setelah menikah siklus haid menjadi tidak teratur membuat wanita merasa cemas, terutama saat berencana melakukan program kehamilan, dimana salah satu keberhasilan program kehamilan jika wanita memiliki siklus haid yang teratur dan masa subur yang jelas.

Apa yang menyebabkan belum datang bulan, apakah kehamilan ?

Tidak kunjung datang bulan dimana siklus haid sebelumnya selalu teratur memang dapat disebabkan oleh kehamilan. Selain telat haid, tanda awal sebuah kehamilan berupa tubuh yang lemas, perut terasa keram, muncul flek berwarna coklat, rasa mual dan muntah.Namun tidak semua penyebab telat datang bulan dan rasa lemas merupakan tanda sebuah kehamilan. Hal ini dapat disebabkan oleh gangguan siklus haid dimana Anda sedang merasa lelah dan stress, sehingga hormon esterogen dan progesteron menjadi tidak stabil.Anda dapat melakukan pemeriksaan urin menggunakan test pack saat bangun di pagi hari jika dalam 1 dan 2 minggu ini haid tidak kunjung datang, atau segera melakukan pemeriksaan USG di dokter spesialis kandungan. Anda harus mengelola stress dan rasa lelah dengan baik, makan yang bergizi, olahraga secara rutin, menjaga berat badan ideal, agar hormon dan siklus haid menjadi teratur kembali.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
merencanakan kehamilanmasa suburpemeriksaan kehamilan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil