Apa bisa terjadi kehamilan setelah lepas KB suntik?

AF Info Penanya: AF, Wanita, 26 Tahun
Dok,Apakah setelah berhenti kb suntik 3bulan bisa langsung hamil,tanpa haid terlebih dahullu??
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang AF,

KB suntik adalah metode kontrasepsi untuk mencegah kehamilan untuk perencanaan kehamilan berikutnya. KB suntik sendiri ada metode suntik setiap 1 bulan dan tiap 3 bulan. Sama seperti metode kontrasepsi lainnya, KB suntik memiliki kelebihan dan kekurang. Salah satu kekurangan KB suntik adalah ketika sudah lepas penggunaannya, penggunanya perlu waktu hingga beberapa bulan untuk bisa kembali subur.

Apabila selama menggunakan KB suntik terjadi gangguan siklus menstruasi maka perlu diperhatikan. Jika setwlah lepas KB belum juga hamil perlu dipastikan apa yang jadi penyebabnya. Bisa tidak haid karena gangguan hormonal, bisa karena terjadi kehamilan, bisa karena gangguan organ reproduksi, ataupun karena faktor lainnya.

Jika saat ini sudah lepas penggunaan kontrasepsi tetapi masih belum juga haid, boleh coba testpack untuk mengetahui hamil atau tidak. Apabila testpack negatif berarti belum haidnya bisa karena penyebab lain. Jika sampai 3 bulan berturut-turut tidak haid dapat disebut dengan amenorea, kondisi ini bukanlah kondisi yang normal dan perlu diperiksakan pada dokter spesialis kandungan dan kebidanan. Karena siklus menstruasi yang tidak lancar bisa menggambarkan kondisi kesuburan yang kurang baik. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Salah satu manfaat kondom adalah untuk mencegah penularan penyakit kelamin

5 Manfaat Kondom bagi Kesehatan Anda dan Pasangan

Kondom sering kali digunakan untuk mencegah kehamilan, selain itu manfaat kondom juga dapat mencegah penularan penyakit kelamin seperti sifilis.