10 May 2021, 10:29Kulit & Kelamin

Bintik merah bernanah di perut

SC
Info Penanya: SC0
Selamat menjelang siang dokter...maaf Dokter saya mau tanya ,,sudah 2 bulan ini kenapa dibagian perut saya ada 1 awalnya bintik merah bernanah sudah berapa hari kemudian ada sembuh dan kering,tapi kok tumbuh lagi bintik soerti semula ganti tempat,trima kasih dokter atas jawabannya.
331 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat pagi SC,Bintik merah yang berisi nanah kemungkinan besar disebabkan oleh bisul, atau dalam bahasa medis dikenal dengan istilah furunkel. Penyakit ini dipicu oleh infeksi bakteri, terutama jenis Staphylococcus. Biasanya, gejala yang ditimbulkan adalah rasa nyeri, panas, dan terkadang gatal.Dalam beberapa hari atau minggu, sebagian besar bisul biasanya akan pecah dengan sendirinya. Ketika pecah, disarankan untuk melakukan perawatan yang benar; yaitu mengompresnya dengan air hangat agar nanah bisa keluar secara alami, dan tidak perlu memencet-mencetnya. Dianjurkan untuk mencuci tangan sebelum melakukan perawatan bisul, agar kebersihan tetap terjaga.Tapi, apabila sudah sembuh dan bisul timbul kembali di tempat yang berbeda, maka kemungkinan ada beberapa pemicunya, misalnya:
  • perawatan bisul dilakukan dengan kurang higienis
  • kondisi kulit yang tidak normal, misalnya sedang mengalami infeksi atau eksim
  • memiliki kekebalan tubuh yang lemah, sehingga mudah terinfeksi bakteri tersebut
Apabila bisul terus-menerus berulang, Anda dapat melakukan konsultasi secara langsung kepada dokter spesialis kulit. Nantinya dokter akan melakukan pemeriksaan secara langsung apakah itu benar-benar bisul atau ada penyakit lain. Dokter juga akan memberikan terapi yang sesuai dengan pemicunya, baik berupa obat minum atau oles. Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
kulit berminyakperawatan kulitbisul
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil