20 Apr 2021, 03:29Penyakit Lainnya

Rasa mengganjal setelah minum obat?

KA
Info Penanya: KA0
Dok.. Bbrpa minggu lalu sy mengalami muntah2 pd pagi hari pas srpn roti dg minum kopi... Trs ke dokter 2x dinyatakan maag... Stelah obat habis sy minum sy merasakan ada yg mengganjal ditenggorokan smp sekarang.. Itu kenapa ya dok.. Mohon penjelasannya
64 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Aisyah Nur Ramadhani
(0)
Selamat Malam KA,Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.Rasa mengganjal di tenggorokan setelah minum obat bisa dikarenakan alergi, iritasi, peradangan atau gangguan asam lambung. Berdasarkan keterangan yang Anda berikan, Anda tidak perlu khawatir jika rasa mengganjal pada tenggorokan Anda tidak menimbulkan batuk atau tersedak karena menandakan bahwa obat tersebut tidak masuk ke saluran nafas sehingga tidak menyebabkan saluran nafas tersumbat.Selain beberapa faktor di atas, jika mempunyai penyakit lambung seperti GERD hal tersebut juga bisa menjadi penyebab peradangan yang terjadi pada tenggorokan Anda. GERD merupakan penyakit naiknya asam lambung ke tenggorokan. Gejalanya mual, muntah, nafas bau, nyeri ulu hati, tenggorokan terasa panas, dll.

Beberapa tips untuk mengatasi keluhan mengganjal di tenggorokan :

  • Banyak konsumsi air putih minimal 2-3 liter/hari
  • Hindari soda, kafein dan alkohol
  • Makan makanan bergizi perbanyak sayur dan buah
  • Hindari makanan yang mengandung asam, pedas dan berlemak
  • Konsumsi makanan yang mudah di telan
  • Berkumur dengan air hangat dan garam
  • Istrahat cukup minimal 6-8 jam/hari
  • Managemen stres dengan baik
Jika dengan beberapa saran diatas, keluhan Anda belum membaik, sebaiknya periksakan diri ke dokter.Semoga bermanfaat,Salam sehat,dr. Aisyah
asam lambunggerdpenyakit tenggorokan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil