24 Sep 2020, 08:11Penyakit Lainnya

Patah kaki, kapan bisa lepas pen?

MS
Info Penanya: MS0
Assalamualaikum,selamat pagi Dok.empat thn yg lalu anakku umur 8thn patah kaki di paha atas di oprasi dan dipasang pen,sampai saat ini blm di ambil.apakah ada efek nantinya???Mohon penjelasan?
499 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat malam MS,Patah tulang adalah akibat adanya tumbukan ataupun energi yang lebih besar dari kekuatan tulang. Patah tulang sendiri bisa beragam jenis dan lokasinya yang berpengaruh pada penanganan yang perlu dilakukan. Beberapa patah tulang bisa ditangani dengan pemasangan gips tetapi jika lebih berat perlu dilakukan fiksasi internal atau seringnya dikenal dengan pemasangan pen.Pada beberapa bagian tulang, pemasangan pen sendiri tidak bermasalah jika belum dilepas sampai beberapa waktu tertentu terlebih pada usia yang lebih dewasa dimana sudah tidak lagi mengalami pertumbuhan. Pada anak terutama di tulang panjang seperti:
  • Tulang femur atau tulang paha atas
  • Tulang tibia adan fibula atau tungkai bawah
  • Tulang humerus atau tulang lengan atas
Merupakan tulang yang tumbuh dan terjadi pemanjangan. Untuk itu apabila masih terdapat pen sebaiknya segera bisa diperiksakan kembali pada dokter spesialis ortopedi untuk dilakukan pelepasan pen jika tulang sudah kembali pulih. Proses pemulihan patah tulang pada anak sendiri bisa lebih cepat jadi pelepasan pen bisa dilakukan antara 4 bulan sampai 1 tahun dari proses pemasangan pen. Berikan anak nutrisi yang baik untuk membantu proses pemulihan tulang seperti asupan protein, vitamin D, kalsium. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
masalah tulangpenyakit tulangpatah tulang
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil