24 Jun 2021, 01:17Infeksi

Seks bebas, gonta-ganti pasangan, apakah bisa tertular HIV?

FP
Info Penanya: FP0
Dok saya pernah berhubungan denga psk lebih dari 1x berbeda dari bulan 1 terahir bulan 3 tapi saya selalu memakai kondom... Saya mengalami kecemasan karna kata orang jika lidah putih itu sudah terpar par hiv. Untuk masalah keluhan saya belum ada dok cuma lidah saya agak putih tapi baru ini tenggorokan saya agak gak enak nelan makan an dan mual tapi tidak sakit untuk berat badan masih bertambah?demam trakir bulan 3
158 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat malam, FTerima kasih atas pertanyaan AndaHIV atau human immunodeficiency virus adalah suatu virus yang bisa merusa sistem kekebalan tubuh seseorang. Penyakit ini bisa menular dari orang satu dengan yang lainnya melalui hubungan seksual,transfusi darah atau melalui penggunana jarum suntik yang bergantian dengan penderita HIV. Gejala yang muncul pada seseorang yang terinfeksi HI ini bereda-beda tergantung pada stadiumnya.

Melakukan seks bebas, apakah bisa terinfeksi HIV?

Terkait dengan apa yang Anda tanyaan, jika Anda ada riwayat bergonta-ganti pasangan seksual dan Anda tidak mengetahui status HIV dair orang tersebut maka sebainya Anda melakukan pemeriksaan atau tes HIV ke pusksmas atau dokter terdekat. Lakukanlah tes yang pertama 3 bulan sejak terakhir kali melakukan seks bebas, dan ulang 6 bulan kemudian untuk memastikan. Pastikan juga selama kurun waktu pemeriksaan tersebut tidak ada paparan atau seks bebas yang berulang.Terkait dengan kondisi lidah putih, bisa terjadi karena beberapa penyebab mulai dari penyakit demam tifoid, masalah pencernaan, lidah kotor karena sisa makanan atau bahkan infeksi jamur (candidiasis oral) pada pasien dengan HIV. Untuk memastkanya silakan lakukan konsultasi dan pemeriksaan ke dokter terdekat. Usahakan Anda tetap konsumsi makanan yang bergizi, hindair seks bebas, makan teratur, konsumsi sayur dan buah, jaga kebersihan area organ intim dan lakukan olahraga ringan supaya tubuh sehat.Semoga bermanfaat.
Salam sehat,
 dr. Dwiana A
hubungan sekshubungan seksualhivpenyakit menular seksual
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil