20 Feb 2021, 16:55Gigi & Mulut

Gigi renggang pada anak apa sebabnya?

WW
Info Penanya: WW0
Selamat siang dokter... Maaf saya mw bertanya dok.. Sya punya ank yg berumur 7thn.. Gigi depannya sudah numbuh gigi baru... Yg saya mw tanyakan.. Gigi baru ank saya patah dok yg dpn gompal dua²nya krna pas numbuh memang sudah renggang jd pas patah lbh jls keliatan renggang.. Klo misalkan di cabut gigi dpnnya lg untuk bisa numbuh gigi baru bisa gk dok.... Biar lbh Bagus lg tumbuhnya..jd klo memang bisa di copot giginya yg dpn apa bisa numbuh lg sedangkan uda gigi baru? Gmn yaa dok..
61 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Pany
(0)
Selamat pagi WWGigi manusia hanya bisa tumbuh 1 kali. Tumbuhnya gigi terjadi di usia bayi 6-10 bulan. Namun ada beberpa bayi yang giginya tumuh lebih awal yakni pada usia 3 bulan. Gigi yang tumbuh pertama kali biasanya dinamakan dengan gigi susu.

Gigi Manusia Hanya Tumbuh 1 Kali Setelah Gigi Susu Lepas

Gigi susu ini akan mulai copot atau lepas setelah anak mulai beranjak usia 6 tahun hingga usia 10 tahun. gigi susu yang lepas akan digantikan oleh gigi permanen. Bila gigi permanen dicabut maka tidak akan ada penggantinya alias ompong.

Penyebab Gigi Anak Renggang

Pada gigi depan anak anda bila dicabut kembali maka gigi tidak akan kembali tumbuh. . Gigi yang renggang disebabkan karena berbagai faktor. Faktor-faktor tersebut adalah:
  • Genetik
  • Jaringan gusi atau tumbuh berlebih
  • Kebiasaan menghisap jempol
  • Gigi susu yang lepas belum waktunya, cedera atau dicabut paksa
  • Refelks menelan yang salah
  • Gigi tambahan yang tidak tumbuh
  • Ukuran gigi yang tidak seragam
  • Infeksi gusi
Untuk mengatasi gigi renggang bukan dengan dicabut. Sebaiknya anda membawa anak untuk berkonsultasi ke dokter gigi. Ada beberapa cara untuk mengatasi gigi yang renggang. Bisa dengan menggunakan kawat gigi, veneer atau tambal gigi dan prosedur operasi yang disesuaikan dengan kondisi gigi anak anda.Sementara itu tetap jaga kebersihan mulut dengan menyikat gigi 2x sehari, rutin memberishkan karnag gigi ke dokter gigi dan mengkonsumsi makanan tinggi kalsium.Semoga bermanfaat Salam sehatdr. Pany CL
kesehatan gigiveneer gigigigi goyangkawat gigi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil