02 Jan 2021, 23:59Kandungan

Konsumsi pil kontrasepsi darurat 2 pil sekaligus?

S
Info Penanya: S0
Dok, saya kemarin minum postinor2, tapi saya minumnya 2 tablet sekaligus, apakah saya harus meminum ulang postinor 2 sesuai petunjuk penggunaan?
1204 Views
2 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat siang, STerima kasih atas pertanyaan Anda.Pil kontrasepsi darurat adalah salah satu alat kontrasepsi darurat yang bisa digunakan ketika Anda lupa mengonsumsi pil KB rutin atau lupa menggunakan alat kontrasepsi lain dan melakukan hubungan seksual. Bila dikonsumsi dalam jangka waktu kurang dari 72 jam setelah melakukan hubungan seksual, efektivitas dari pil kontrasepsi darurat tersebut dalam mencegah kehamilan sekiatar 95% yang artinya hanya ada 5% peluang untuk terjadi kehamilan.Perlu diketahui bawah pil kontrasepsi darurat ini bukanlah alat kontrasepsi yang bisa dikonsumsi terus menerus janga panjang, karena berbeda dengan pil KB pada umumnya. Terkait dengan apa yang Anda tanyakan, bila Anda sudah mengonsumsi pil kontrasepsi darurat 2 tablet sekaligus dalam kurun waktu kurang dari 72 jam setelah berhubungan seksual dan mengonsumsinya sesuai dengan anjuran yang tertera pada kemasannya, maka Anda tidak perlu mengonsumsi kembali. Namun, mengonsumsi pil kontrasepsi darurat dengan 2 pil langsung memiliki efek samping lebih besar bila dibandingan dengan mengonsumsi 1 pil terlebih dahulu dan kemudian selang 12 jam dari pil pertama, Anda mengonsumsi pil yang kedua. Oleh karena itu, pantaulah kesehatan Anda bila muncul efek samping yang berlebihan dan mempengaruhi kondisi kesehatan Anda segeralah lakukan pemeriksaan ke dokter spesialis kandungan teredekat.

Adapun beberapa efek samping dari konsumsi pil kontrasepsi darurat adalah:

  • Gangguan pencernaan seperti mual dan muntah
  • Pusing dan atau sakit kepala
  • Sakit perut terutama bagian bawah
  • Perdarahan menstruasi yang berlebihan
Pastikan Anda tetap konsumsi makanan yang sehat dan makanan bergizi, jagalah kebersihan dan kesehatan organ intim Anda, hindari melakukan seks bebas, atasi stres, dan olahraga rutin agar tubuh tetap sehat. Bila siklus menstruasi Anda selanjutnya megalami keterlambatan, lakukanlah test kehamilan untuk memastikan.Semoga bermanfaat. Salam sehat, dr. Dwiana A
siklus haidhubungan sekshubungan seksualhamilpenggunaan kbkontrasepsi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil