Keluar cairan dan kehamilan kosong, bagaimana mengatasinya?

SG Info Penanya: SG, Pria, 1 Tahun
Asalamualaiqum dok istri saya hamil 4 minggu dan di minggu ke 5 pendarahan dan langsung ke doktr dan di tes pack masih ada di USG masih ada dan di kasih obat penguat janin dan 1 mnggu kmudin datang lagi ke doktr di USG lagi katanya janin nya kosong tinggal kantong nya aja dan di saran kan untuk kuret tapi istri saya gak mau dan skarang suka kluar cairan coklat ke kuningan dan bau nya ga sdap gmna ya dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore SG,

Adanya perdarahan selama kehamilan adalah salah satu tanda adanya gangguan baik pada organ reproduksi ataupun gangguan pada kehamilan. Jika sudah mencapai minggu kelima kehamilan perdarahan tetap timbul dan saat diperiksakan kehamilan tidak ada perkembangan maka bisa mengarah pada gangguan kehamilan seperti hamil kosong atau blighted ovum dan lainnya yang bisa mengakibatkan keguguran.

Bligthed ovum bisa ditandai dengan:

  • Kram perut
  • Perdarahan dan cairan dari vagina
  • Haid dengan volume darah yang berlebih

Jika merasa ragu dan istri Anda masih tidak mau dilakukan pembersihan dengan kuretase, ada baiknya bisa memeriksakan diri pada dokter kandungan lain untuk mendapatkan opini kedua.

Kalau dibiarkan dan timbul perdarahan atau infeksi lain baiknya segera diperiksakan kembali dan diberikan penanganan yang sesuai agar tidak menimbulkan gejala yang lebih berat ataupun infeksi lain yang bisa mengganggu kesehatan secara keseluruhan.

Komunikasikan agar istri bisa mau mendapatkan penanganan sesuai dengan anjuran dokter dan nantinya bisa kembali mencoba untuk program hamil setelah pulih. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Hamil Kosong Tapi Tidak Pendarahan, Mengapa Bisa?

Pendarahan dapat menjadi tanda dari hamil kehamilan anembrionik atau hamil kosong. Akan tetapi, Anda juga bisa mengalami hamil kosong tapi tidak pendarahan. Mengapa itu bisa terjadi?