15 Mar 2021, 13:52Gigi & Mulut

Benjolan ungu kehitaman di dalam pipi, apakah berbahaya?

NI
Info Penanya: NI0
Dokter hr ini saya sedang sikat gigi tp tiba2 sperti ada yg mengganjal di bagian pipi saya, ternyata di bagian pipi dalam saya ada benjolan lmyan besar warna ungu ke hitam2an, itu knpa ya dok? Berbahayakah? Danbagaimana penangananya. Terima kasih.
97 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat malam, NI.Ada beberapa penyebab benjolan rongga mulut di bagian dalam pipi, mulai dari yang tidak berbahaya hingga cukup serius. Masing-masing benjolan memiliki karakteristik masing-masing, sehingga sebenarnya perlu dilakukan pemeriksaan untuk menentukan apa penyebab benjolan tersebut yang sebenarnya.Namun, sebagai informasi umum, berikut adalah beberapa penyebab benjolan di pipi bagian dalam:
  • adanya luka karena tertusuk makanan atau tergigit
  • infeksi virus herpes pada rongga mulut
  • mukokel
  • tumor jinak fibroma
  • kanker mulut
Apabila benjolan cenderung kecil dan teraba lunak, Anda dapat mencoba untuk memantau terlebih dahulu. Upayakan mengunyah pada sisi tanpa benjolan, untuk mengurangi kemungkinan tergigitnya benjolan dan memicu infeksi. Anda juga dapat berkumur dengan air garam, dan mengompres pipi dengan handuk dingin.Sebaliknya, apabila benjolan Anda memiliki karakteristik yang membesar dalam waktu cepat, konsistensinya keras, dan tepinya berbonjol-bonjol (tidak licin dan rata); maka sebaiknya jangan ditunda dan segera periksakan kondisi Anda kepada dokter gigi. Nantinya dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan penunjang untuk memastikan penyebabnya, kemudian memberikan terapi yang sesuai. Terapi dapat berupa tindakan operatif maupun obat-obatan. Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
 
kesehatan mulutmulut keringkanker mulut
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil