12 Mar 2021, 21:25Penyakit Lainnya

Apa yang menyebabkan benjolan di leher kiri ?

NS
Info Penanya: NS0
Assalamualaikum dok, mau tanya umur saya 19 th. Dan di leher sebelah kiri saya ada benjolan sudah ± 1 bulan dan itu semakin besar. Terus saya periksa pas dikasih obat alhamdulillah sedikit mengempes tapi malah tambah sakit, terus dirujuk ke rumah sakit disuruh dokternya disuruh operasi tapi saya ga mau dioperasi. Bagaimana dok apa ada cara lain untuk bisa sembuh selain dioperasi? Terima kasih
133 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Waalaikumussallam, N.Benjolan yang semakin besar di tubuh terutama menimbulkan rasa sakit akan membuat cemas penderitanya. Benjolan yang terus membesar dapat menekan saraf organ di sekitarnya, sehingga fungi organ terganggu, menimbulkan rasa nyeri dan tidak nyaman jika tidak segera diatasi dengan baik.

Apa yang menyebabkan benjolan di leher kiri ?

Keluhan terdapat benjolan di leher kiri yang Anda rasakan dimana benjolan semakin membesar menimbulkan rasa nyeri dapat disebabkan oleh beberapa faktor antara lain :
  • Pembesaran kelenjar getah bening akibat adanya infeksi organ sekitar leher seperti infeksi kulit, infeksi saluran pernafasan dan gigi berlobang.
  • Tumor kelenjar getah bening baik berupa tumor jinak maupun mengarah ke keganasan.
  • TBC kelenjar getah bening yang merupakan penjalaran infeksi TBC paru.
  • Benjolan lemak atau lipoma yang teraba lunak dan kenyal dimana tindakan operasi hanya sebagai indikasi kosmetik.

Apa tindakan selain operasi pada benjolan di leher ?

Dokter akan menyarankan tindakan yang terbaik termasuk pemeriksaan biopsi dimana tindakan mengambil sedikit bagian benjolan untuk diperiksa di laboratorium guna mengetahui penyebab pasti benjolan. Jika penyebab berupa pembesaran kelenjar getah bening, mengatasi infeksi organ di sekitarnya membuat kelenjar getah being akan ikut mengempis setelah infeksi mereda. Selain itu Anda juga dapat mengompres hangat benjolan untuk meredakan nyeri, menjaga imun tubuh agar optimal melawan infeksi yang ada, mengkonsumsi makanan bergizi dan suplemen vitamin.Diskusikan kembali bersama dokter spesialis bedah mengenai penyebab dan cara mengatasi benjolan termasuk obat-obatan tanpa operasi yang dapat dilakukan.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
benjolan lipomamengatasi lipomapembesaran kelenjar getah bening
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil