13 Feb 2021, 18:16Kandungan

Tanya dokter

NL
Info Penanya: NL0
Hallo dok saya ingin tanya apakah bisa melahirkan langsung di rumah sakit menggunakan kartu kis tanpa minta rujukan ke faskes 1
376 Views
3 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat pagi, N.Menggunakan kartu KIS sangat memudahkan masyarakat mendapatkan fasilitas kesehatan secara gratis, sehingga masyarakat tidak terbebani dengan biaya rumah sakit, pemeriksaan, pengobatan yang tidak sedikit, terutama saat bersalin. Namun sistem pelayanan yang terkadang masih berbelit-belit, membuat masyarakat menajdi binggung saat menggunakannya.

Apakah bersalin bisa menggunakan kartu KIS tanpa meminta rujukan ?

Saat hamil maka diperlukan pemeriksaan secara konsisten baik di bidan dan di dokter spesialis kandungan. Pemeriksaan yang konsisten dapat melihat perkemabngan Ibu dan janin apakah dalam kondisi baik, dan hal ini juga dapat mencegah terjadinya komplikasi saat bersalin, termasuk perdarahan, kejang, maupun kelahiran prematur. Pemeriksaan kehamilan dapat dilakukan di fasilitas kesehatan pertama yaitu puskesmas dan dapat dirujuk ke faslititas selanjutnya untuk pemeriksaan USG di dokter kandungan.Sebelum melakukan persalinan, sebaiknya Anda mempersiapkan fasilitas mana yang akan Anda tuju, sehingga tidak binggung saat bersalin. Pilih fasilitas kesehatan yang Anda sering lakukan pemeriksaan. Persalinan dapat secara langsung ke fasilitas kesehatan termasuk rumah sakit, jika Anda sudah dalam kondisi akan bersalin misalnya mulas yang diikuti kontraksi. Namun jika Anda disarakan untuk operasi sesar karena keadaan tertentu misalnya kondisi ibu darah tinggi, memliki panggul yang sempit, janin yang dikandung memiliki berat badan besar, maka sebaiknya membawa rujukan ke fasilitas kesehatan yang dituju.Jaga kehamilan Anda, makan makanan bergizi, minum suplemen saat hamil, lakukan senam hamil dan pemeriksaan secara rutin di dokter spesialis kandungan.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari. 
bpjs kesehatanbpjs ibu hamilmelahirkan normal
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil