10 Feb 2021, 06:44Kepala

Muntah dan pusing berputar setelah KB suntik apakah hamil lagi?

PR
Info Penanya: PR0
Selamat pagi dok, kemarin sore mau magrib kepala saya terasa pusing muter muter trus tdk lama kemudian saya muntah dan semua makanan yg saya makan kluar semua. Saya melakukan KB suntik yg 3 bulan lalu sekitar 10 harian saya suntik, saya melakukan hubungan, dan saya melakukan suntik KB 3 bulan ini setelah 2 bulan'an pasca melahirkan. Dan sekarang saya juga menyusui bayi saya dok. Yg saya takutkan saya hamil dengan gejala sperti ini dok. Oh y dok saya jg keramas pd sore hri ap itu jg jd penyebab?
1756 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Pany
(0)
Selamat siang PRKb suntik 3 bulan merupakan salah satu hormonal yang efektif mencegah kehamilan dan aman digunakan oleh ibu menyusui. Dalam penggunaannya bisa menimbulkan beberapa efek samping. Efek sampingnya dalah:
  • Gangguan siklus haid
  • Pusing
  • Moodswing, emosi suka berubah-ubah
  • Berat badan naik
  • Flek hitam
  • Jerawat
  • Rambut rontok
  • Penurunan gairah seks
  • Butuh waktu lama untuk hamil setelah melepas KB suntik
Obat Kb suntik baru akan bekerja secara efektif setelah 7 hari dari masa penyuntikan. Menyusui ASI juga bisa menjadi Kb alami karena hormon yang memproduksi ASI dapat menekan jumlah hormon estrogen sehingga menghambat pembentukan sel telur. Pasca melahirkan organ reproduksi juga membutuhkan waktu sekitar 2-3 bulan untuk berfungsi kembali. Jadi kemungkinan sangat kecil anda untuk terjadi kehamilan.

Pusing Berputar Disertai Muntah merupakan Gejala Vertigo

Keramas tidak ada hubungannya dengan keluhan pusing disertai mual dan muntah. Keluhan pusing bisa menjadi efek samping dari penggunaan KB suntik. Pusing berputar juga bisa disebabkan gejala Vertigo yang bisa dipicu oleh berbagai sebab seperti kelelahan, asam lambung meningkat, aliran darah tidak lancar, infeksi saluran nafas atas, infeksi telinga atau karena gangguan saraf.Anda bisa berkonsultasi dengan dokter mengenai hal ini. Sementara anda bisa istirahat dalam ruangan gelap atau dengan penutup mata, kompres hangat bagian kepala dan minum air jahe hangat. Makan sedikit-sedikit tetapi sering dan perlahan. Hindari pperubahan posisi secara tiba-tiba.Semoga bermanfaat Salam sehatdr. Pany CL 
mualmuntahvertigopusing
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil