05 Dec 2020, 21:09Penyakit Lainnya

Penyebab benjolan di anus yang berisi nanah dan darah

MI
Info Penanya: MI0
Dok di dket lubang anus kok ada benjolan engga bsar si tpi ada nanah sama darahnya . klo pecah ntar bbrapa hari psti ada lg . itu knpa ya dok dan gmna cara mengatasinya ?
1801 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya
(0)
Hallo M,Saya akan mencoba menjawab pertanyaan Anda.Anus yang jaraknya dekat dengan vagina menjadi tempat yang disukai bakteri untuk berkumpul. Jika kebersihan organ intim dan anus tidak dijaga dengan baik maka, saat terjadi luka, bakteri akan membuat kulit terinfeksi membentuk benjolan yang berisi nanah.

Penyebab benjolan di anus

Penyebab benjolan di anus antara lain :
  • Haaemoroid atau wasir terjadi karena pelebaran pembuluh darah anus yang dapat menyebabkan perdarahan saat BAB. Jika haemorid terinfeksi maka benjolan haemoroid dapat disertai nanah dan darah.
  • Fistula anus terbentuk akibat luka yang membaik meninggalkan jaringan parut. Dan ini juga dapat terinfeksi jika luka tidak diobati dengan benar.
  • Infeksi anus dan organ sekitarnya menyebabkan kelenjar getah bening membesar.
  • Bisul (abses) terjadi ketika ada luka baik bekas garukan atau trauma tajam pada anus yang mengakibatkan luka ini dipenuhi oleh sel darah putih yang mendesak untuk keluar, dan pecah sebagai nanah.

Pentalaksanaan benjolan pada anus

Dokter akan mencari tahu penyebab benjolan dan mengatasinya. Jika benjolan disebabkan oleh wasir, maka dokter akan memberikan obat pelancar BAB agar BAB tidak keras, dan vitamin penambah darah agar penderita wasir tidak anemia. Sedangkan jika benjolan disebabkan oleh infeksi bakteri dengan gejala panas, merah, nyeri, serta nanah, dokter akan memberikan obat dan salap antibiotik sesuai dosis. Dokter juga dapat mengeluarkan nanah dengan cara membuat lubang kecil pada benjolan dan mengeluarkannya serta memberikan drainase untuk menyerap nanah.Yang dapat Anda lakukan di rumah adalah menjaga kebersihan organ intim dan anus, jaga anus dan organ intim agar selalu kering, hindari menggunakan celana dalam yang terlalu ketat, jangan menggaruk anus jika gatal, hindari luka pada anus, terapkan pola hidup sehat, makan tinggi buah dan sayur, dan minum yang cukup.Semoga bermanfaat dan semoga lekas sembuh."Salam sehat,dr. Lidya Hapsari."
infeksi bakterianemia defisiensi besiwasir
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil