07 Oct 2020, 08:35Kanker

Makan wafer apakah bisa menyebabkan kanker?

DD
Info Penanya: DD0
Dokter,saya ibu Dewi rumah tangga , says mau tanya Kata orang makan roti kering wafer bisa kena kanker ya Dok, mohon penjelasannya makasih.
313 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat siang DD,Kanker adalah pertumbuhan sel abnormal pada organ tubuh yang bisa menyebabkan kerusakan sel dan juga penyebaran ke organ lain yang membuat fungsi tubuh terganggu sampai menyebabkan kematian. Penyebab kanker sendiri tidak diketahui pasti, tetapi beberapa faktor risiko bisa menjadi pemicu terjadinya kanker dan masing-masing organ tubuh memiliki jenis kanker dan risiko yang berbeda-beda.

Faktor risiko terjadinya kanker

Beberapa faktor risiko terjadinya kanker sendiri diantaranya adalah:
  • Faktor genetik, dimana risiko bisa meningkat jika memiliki keluarga dengan riwayat kanker
  • Jenis kelamin, beberapa kanker bisa menyerang jenis kelamin tertentu dan risikonya meningkat pada jenis kelamin tertentu
  • Usia, meskipun bisa terjadi pada usia berapa saja, beberapa kanker meningkat risikonya pada kelompok usia tertentu
  • Gaya hidup dan kebiasaan, kebiasaan kurang baik seperti merokok, mengonsumsi alkohol, berat badan berlebih, perilaku seksual dan lainnya bisa meningkatkan risiko terjadinya kanker
  • Paparan zat karsinogenik, bisa disebabkan oleh faktor lingkungan, paparan zat, pekerjaan, ataupun bisa dari makanan
Mitos mengenai penyebab kanker sendiri sangat beragam untuk itu perlu bisa menyaring informasi mana yang benar ataupun tidak. Salah satunya adalah makan roti kering atau wafer bisa menyebabkan kanker dimana mitos ini tidak benar. Makan wafer bukan merupakan pemicu terjadinya kanker kecuali jika wafernya mengandung zat karsinogenik ataupun dikonsumsi berlebihan.Untuk mencegah terjadinya kanker, maka perlu menjaga kesehatan dan juga gaya hidup sehat. Jika memiliki keluarga dengan riwayat kanker, sebaiknya bisa rutin melakukan pemeriksaan kesehatan dan juga deteksi dini kanker atau faktor risiko terjadinya kanker. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
gejala kankerkankerbedah mitos
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil