Apa lagi hamil?

AP Info Penanya: AP, Wanita, 18 Tahun
Hallo dok saya mau bertanya , teman saya haid terakhir pada 18 juli lalu sampek bulan ini belum haid lagi (memang haidnya dia tidak teratur kadang 2 bulan bru haid) tapi dia melakukan hubungan pada 8 september dan ejakulasi di luar tapi tgl 9 september dia mengeluarkan flek, kemungkin apa yang bisa terjadi dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam AP,

Bila seseorang melakukan hubungan seksual, maka tentunya ada kemungkinan terjadi kehamilan, terlebih bila siklus haidnya tidak teratur, maka sulit diprediksi kapan masa suburnya. Dan perlu diketahui bahwa ejakulasi di luar bukanlah jaminan tidak bisa menimbulkan kehamilan, karena di dalam cairan pra ejakulasi sudah terkandung sperma meski hanya sedikit, jadi tetap ada kemungkinan bisa terjadi pembuahan dan hamil.

Perihal darah yang keluar setelah berhubungan seksual maka bisa saja terjadi akibat:

  • Robekan selaput dara bila teman Anda masih perawan.
  • Iritasi serviks. Biasanya akan disertai nyeri setelah berhubungan seksual, dan terjadi akibat infeksi menular seksual.
  • Adanya luka pada bagian vagina, misal akibat penetrasi yang terlalu dalam dan agresif.
  • Darah haid yang waktunya keluar.

Saat ini yang bisa dilakukan hanya menunggu apakah perdarahannya berlangsung lama atau tidak. Bila berlangsung selama 3-7 hari dan jumlahnya banyak seperti darah haid, maka kemungkinan hanya haid biasa, jadi tidak perlu cemas berlebihan.

Sebaiknya gunakan kondom atau KB bila memang belum siap hamil. Teman Anda bisa berkonsultasi dengan dokter kandungan perihal pemilihan KB yang cocok untuk teman Anda.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Umumnya, kebutuhan vitamin ibu hamil lebih tinggi dibanding mereka yang sedang tidak menjalani kehamilan.

Berbagai Vitamin Ibu Hamil, Mulai dari Asam Folat Hingga Kalsium

Vitamin ibu hamil tidak boleh dikonsumsi sembarangan. Semua harus sesuai takaran dan seimbang.