Sakit pinggang, betis dan kepala, apakah karena tidur berkepanjangan ?

MZ Info Penanya: MZ, Pria, 22 Tahun
Halo doc, saya mau nanya doc, saya tiba-tiba sakit pinggang bagian belakang dan betis di tambah sakit kepala juga doc, cuman yang paling saya nda tahan ialah betis dok sakitnya nyut nyutan dok, padahal saya tidak pernah ngangkat beban yang berat atau olahraga yang keras, namun akhir-akhir ini saya bergadang sampai pagi dan tidur di pagi hari,. Apakah penyebabnya karena tidur kepanjangan dok? Terimakasih dok tolong bantuan nya dok,
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, MZ.

Sakit pinggang, betis dan kepala merupakan keluhan yang dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Umumnya keluhan tersebut dapat berhubungan dengan gaya hidup dan pola aktivitas. Ada pula yang disebabkan oleh penyakit tertentu, baik yang ringan hingga yang lebih berat.

Beberapa faktor dan kondisi medis yang dapat menimbulkan keluhan tersebut antara lainnya ialah :

Mengenai keluhan yang Anda alami, mungkin saja berhubungan dengan pola tidur Anda yang tidak sehat. Karena tidur merupakan kebutuhan yang esensial untuk berbagai metabolisme dalam tubuh. Tidur yang jauh dari ideal lama kelamaan dapat menimbulkan berbagai gangguan pada tubuh hingga penyakit yang lebih serius. Tidur yang ideal sendiri adalah 7-8 jam dimalam hari dan baiknya dimulai tidak lebih dari jam 10.

Sementara ini untuk mengurangi gejala nyeri yang dirasakan Anda dapat mengonsumsi obat pereda nyeri bergolongan asetaminofen yang dijual bebas di apotek, air rebusan kunyit dan memperbanyak sayuran hijau guna mendapatkan manfaat vitamin dan mineral. Anda juga dapat mengompres hangat dan mengolesi krim hangat pada bagian betis yang nyeri. Jika keluhan berlanjut, ada baiknya untuk memeriksakan diri ke dokter terdekat.

Salam sehat, 

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Salah satu tindakan yang dilakukan dalam kajian neurologi adalah elektroensefalografi

Mengenal Neurologi, Ilmu tentang Saraf Manusia yang Kompleks

Neurologi adalah cabang ilmu pengetahuan yang khusus membahas soal sistem saraf manusia. Penyakit yang dibahas dalam neurologi adalah epilepsi hingga ALS.