Apakah bisa hamil jika melakukan suntik KB?

YW Info Penanya: YW
Maaf dok, saya ini sdh pernah suntik kb 3 bln,,, trus gak mens2 kurang lebih sdh setahun, tapi saya tespack (-),,, trus saya coba suntik 1 bln tgl 29 bln lalu, Dan HB nya tgl 13 bln ini Dan dikeluarin di dlm... Apa mungkin terjadi kehamilan?.... Apakah
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, Y

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Keluarga berencana atau kerap disebut dengan istilah KB merupakan suatu program gerakan pemerintah dalam membatasi angka kelahiran. Untuk itu diperlukan adanya alat konrasepsi seperti salah satunya adalah suntik KB. Terdapat 2 jenis suntik KB dimana keduany amemiliki perbedaan kandungan hormon di dalamnya, suntik KB 1 bulan memiliki dua jenis hormon dan suntik KB 3 bulan memiliki satu jenis hormon.

Jika suntik KB (baik yang 1 bulan maupun 3 bulan) ini dilakukan secara rutin terjadwal dan tidak pernah terlambat, maka efektifitasnya mencapai 99% dapat menunda adanya kehamilan. Yang mana kemungkinan untuk terjadinya kehamilan sangatlah kecil, yaitu hanya 1%. Namun, peluang terjadinya kehamilan semakin besar apabila Anda sering terlambat suntik atau tidak melakukan suntik KB sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan. 

Salah satu kekurangan dari suntik KB ini adalah menjadikan siklus haid menjadi tidak lancar pada beberapa orang, sehingga wajar saja apabila saat menggunakan suntik KB ini siklus haid Anda menjadi tidak lancar.

Bilamana Anda melakukan suntik KB pada tanggal 29 JUni 2020 dan melakukan hubungan seksual pada tanggal 13 Juli 2020 maka kemungkinan terjadinya kehamilan sangatlah kecil walaupun ejakulasi dilakukan di dalam organ reproduksi wanita. Hal ini dikarenakan, suntik KB sudah bekerja secara efektif kurang lebih 14 hari setelah dilakukan penyuntikan.

Konsumsilah makanan sehat dan bergizi seimbang, cukupi kebutuhan cairan Anda, dan konsultasikan kepada dokter spesialis kandungan jika terdapat keluhan terkait organ reproduksi wanita.

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Mual dan muntah saat hamil trimester pertama

Kondisi Ini Sering Muncul Saat Hamil Trimester Pertama

Hamil trimester pertama tak jarang disertai dengan berbagai kondisi medis tertentu. Mulai dari pendarahan vagina, hingga sakit kaki atau betis bisa terjadi.